perbedaan vitamin dan suplemen

Pada artikel ini akan dibahas perbedaan vitamin dan suplemen. Banyak dari kita menyebutkan bahwa vitamin adalah suplemen. Padahal vitamin tidak sama dengan suplemen. Jika ditilik dari pengertiannya vitamin adalah senyawa organik kompleks yang biasa ditemukan dalam makanan yang berfungsi mengatur proses metabolisme tertentu dalam tubuh. Sumber vitamin dapat diperoleh dari makanan, suplemen atau obat.

Suplemen adalah produk yang digunakan untuk melengkapi makanan, mengandung satu atau lebih bahan sebagai berikut, yaitu vitamin, mineral, tumbuhan atau bahan berasal dari tumbuhan, asam amino, bahan yang digunakan untuk meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Dari definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa vitamin merupakan zat tunggal yang dibutuhkan secara esensial oleh tubuh, sedangkan suplemen adalah salah satu sumber vitamin disamping makanan. Suplemen tidak hanya berupa vitamin karena ada bentuk lainnya yaitu mineral, fitokimia, asam amino dan sebagainya.

Vitamin merupakan zat gizi mikro essensial yang diperlukan tubuh setiap manusia tiap harinya, sehingga apabila kita tidak mengkonsumsinya maka beresiko terkena defisiensi zat gizi seperti kekurangan vitamin A akan mengalami gangguan pada daerah mata. Sedangkan suplemen dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi termasuk vitamin ketika seseorang mengalami gangguan penyerapan zat gizi, kekurangan asupan zat gizi, meningkatnya kebutuhan zat gizi yang tidak dapat diatasi dengan konsumsi makanan, dan tujuan kesehatan lain. Suplemen juga biasanya diberikan kepada orang yang beresiko tinggi kekurangan seperti orang sakit, diet rendah kalori, hamil dan menyusui, lansia, vegetarian, mengalami interaksi obat dan zat gizi serta lifestyle (perokok berat, alkoholik dan atlet).

Nah sudah jelas kan bedanya vitamin dan suplemen? Semoga setelah membaca tulisan perbedaan vitamin dan suplemen Anda dapat membedakan vitamin dan suplemen.




Incoming search terms:

  • suplemen adalah
  • suplemen vitamin
  • suplemen multivitamin
  • vitamin suplemen
  • perbedaan vitamin dan suplemen
  • perbedaan suplemen dan vitamin
  • suplemen vitamin a

Comments

comments