obat

Tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak yang sering terkecoh mengenai mana obat dan mana suplemen karena secara fisik memang mirip yaitu berupa kapsul, tablet, cair dan sebagainya. Baik suplemen maupun obat sama-sama berfungsi untuk meningkatkan derajat kesehatan. Nah lalu secara spesifik apa perbedaan obat dan suplemen?

  1. Suplemen diperlukan oleh orang yang beresiko kekurangan atau membutuhkan zat gizi tambahan karena meningkatnya kebutuhan akan zat gizi tersebut seperti pada atlet. Selain itu saat ini suplemen juga banyak yang digunakan untuk meningkatkan derajat kesehatan seperti konsumsi antioksidan. Sedangkan obat digunakan untuk menyembuhkan penyakit, diagnosis, dan meningkatkan aktifitas fisik serta mental.
  2. Suplemen mengandung satu atau lebih bahan sebagai berikut, yaitu vitamin, mineral, tumbuhan atau bahan berasal dari tumbuhan, asam amino, dan bahan yang digunakan untuk meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Dengan kata lain suplemen mengandung zat yang dibutuhkan sehari-hari. Sementara obat mengandung zat-zat yang secara kimiawi ilmiah dapat menyembuhkan baik gejala maupun penyakit tertentu yang hanya diperlukan untuk kebutuhan pengobatan saja. Ketika penyakit atau gejala sudah hilang maka obat tersebut tidak diperlukan lagi.
  3. Ketika konsumsi suplemen melebihi angka kecukupan harian, beberapa vitamin seperti vitamin larut lemak akan disimpan dalam tubuh untuk mencegah defisiensi dikemudian hari. Vitamin larut air akan dikeluarkan melalui urrin ketika konsumsinya berlebih. Sedangkan ketika konsumsi obat berlebih maka substansi kimia tersebut akan dianggap sebagai zat asing dalam tubuh atau racun sehingga harus dibuang melalui urine. Beberapa obat juga dapat langsung menimbulkan berbagai gejala seperti pusing ketika dikonsumsi berlebih.
  4. Reaksi suplemen dengan tubuh relatif lebih lambat dibandingkan obat.
  5. Obat dan suplemen dapat memberikan efek penyembuhan namun obat lebih cepat menyembuhkan terutama pada gejala penyakit. Sedangkan suplemen dapat menyembuhkan secara bertahap. Selain itu, suplemen dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sedangkan obat dapat menyembuhkan penyakit yang spesifik.

Nah, apakah anda sudah memahami perbedaan obat dan suplemen?  Jadi jangan sampai salah lagi ya.




Incoming search terms:

  • perbedaan obat dan suplemen
  • perbedaan suplemen dan obat
  • beda suplemen dan obat

Comments

comments