Rue (Ruta graveolens L) adalah herbal yang sudah ada sejak lama. Rue atau “Ruta” berasal dari bahasa yunani yang berarti terbebas. Terbebas yang dimaksud adalah terbebas dari penyakit-penyakit. Pada Abad Pertengahan rue juga digunakan untuk menangkal penyihir dan untuk menangkis bau dari tahanan dan orang miskin.

Rue merupakan tumbuhan asli wilayah Mediterania dan dibawa ke Meksiko dan daerah tropis Amerika oleh Spanyol. Umumnya tumbuh di Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan. Rue juga banyak tumbuh di India. Rue dan minyak ekstrak rue digunakan sebagai penyedap dalam makanan dan minuman serta pengharum dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

Kandungan Nutrisi Rue

Kandungan nutrisi rue adalah:

  • Minyak atsirimeliputi 2-undecanone (50-90%), 2-haptanol, 2-nonanol, 2-nonanone, limonene, pinene, asam anisic, fenol, guiacol dan lain-lain
  • Flavonoid seperti quercitin dan rutin
  • Kumarin: bergapten, daphnoretin, isoimperatorin, naphthoherniarin, psoralen, pangelin, rutamarin, rutarin, scopoletin dan umbelliferone
  • Alkaloid: arborinine, graveoline, graveolinine, kokusaginine, rutacridine.
  • Lignan (dalam akar): savinin dan helioxanthin.

Bagian Rue yang Bermanfaat

Bagian yang bermanfaat dari tumbuhan rue adalah bunga, daun dan batang. Herbal rue dapat berbentuk segar dan kering. Puncak dari tunas muda memiliki manfaat terbesar dibandingkan bagian tanaman yang lain. Tunas dikumpulkan sebelum tanaman berbunga.

Manfaat dan Khasiat Rue

rue ruta graveolens

  • Efek kardiovaskuler dan antioksidan
    ekstrak graveolens telah dipelajari sebagai blocker potensial kalium pada arus ion dalam sel-sel saraf mielin. Dalam sebuah studi klinis, dari 56 pasien dengan kanker kolorektal (34 stadium awal dan 22 dengan stadium lanjut), R. chalepensis dapat melindungi eritrosit dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal. Secara khusus, efek ini tercatat pada pasien dengan kanker kolorektal stadium awal.
    kegunaan lain
  • Anti-inflamasi
    rue dapat mendorong aktivitas anti-inflamasi serta mengurangi edema pada kaki rematik. Fraksi alkaloid yang diberikan dengan dosis 10 mg/kg yang menunjukkan efek anti-inflamasi yang lebih besar dibandingkan dengan fpolifenol dan diklofenak. Rue jugadapat menekan produksi nitrat oksida dari lipopolisakarida dalam sel makrofag murine yang berpotensi menekan aktivitas anti-inflamasi.
  • Aktivitas anti-bakteri / anti-jamur
    Lebih dari 15 senyawa dalam rue telah diidentifikasi sebagai antibakteri dan aktivitas antijamur. Alkaloid acridone adalah senyawa antimikroba yang paling ampuhsedangkan zat kumarin menghambat pertumbuhan hanya pada dosis tinggi. Satu lpenelitian menunjukkan bahwa ekstrak rue menunjukkan efek penghambatan terhadap organisme gram positif seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Listeria monocytogenes, dan Bacillus subtilis. Peneliti lain telah menemukan bahwa sejumlah komponen dari rue mengganggu replikasi DNA secara langsung, sehingga mencegah penyebaran beberapa virus. Daun rue dapat meringankan kanker mulut, tumor dan kutil. Dalam pengobatan Cina, rue digunakan sebagai obat cacing dan gigitan serangga.
  • Manfaat lain
    Rue telah digunakan untuk mengobati banyak penyakit, termasuk epilepsi, ketegangan mata, multiple sclerosis, stimulan rahim untuk mendorong terjadinya menstruasi dan anti histeria. Kegunaan lain: yg mengeluarkan keringat, pengobatan bisul, masalah gusi sakit telinga, sakit kepala, mimisan, dan obat nyamuk.

Efek Samping Rue

Rue dianggap aman bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit seperti untuk tambahan makanan. Namun sebenarnya kurang aman jika dikonsumsi sebagai obat karena menimbulkan banyak efek samping seperti: iritasi lambung, perubahan suasana hati, masalah tidur, pusing, kejang, masalah ginjal dan kerusakan hati, hingga kematian. Ketika diterapkan pada kulit, dapat menyebabkan ruam dan meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari.
Beberapa keadaan dapat mengakibatkan dampak yang paling berbahaya jika mengkonsumsi rue sebagai obat:

  • Kehamilan dan menyusui: Hal ini tidak aman bagi ibu dan anak yang belum lahir untuk mengkonsumsi rue selama kehamilan atau menyusui. Rue dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang dapat menyebabkan keguguran. Itu sebabnya rue digunakan untuk menyebabkan aborsi. Tetapi juga memiliki efek serius bagi ibu. Beberapa wanita yang telah mencoba menggunakan rue menyebabkan kematian setelah aborsi.
  • Gangguan perut dan usus (gastrointestinal) Rue dapat memperparah gangguan perut atau usus.
  • Gangguan ginjal dan saluran kemih: Rue dapat membahayakan ginjal dan mengiritasi saluran kemih.
  • Gangguan hati: Rue dapat membuat memperburuk gangguan hati.   menggunakan rue.

Dosis dan Cara Penggunaan

Belum ada dosis yang pasti mengenai penggunaan rue. Namun, penggunaan secara tradisional memakai 0,5-1 gram herbal rue per hari atau 65 mg minyak essensial per hari. Dalam dosis yang besar dapat mengakibatkan bahaya.

Cara menggunakannya adalah dengan menambahkan air panas kedalam cangkir yang berisi 1-2 sendok teh rue kering, kemudian tunggu 10-15 menit. Dapat diminum tiga kali sehari. Sedangkan untuk penggunaan minyak essensial cukup dengan 1-4 ml sebanyak tiga kali sehari.

Daun yang dimemarkan juga dapat ditempatkan pada gigi atau di telinga untuk menghilangkan rasa sakit. Rebusan 8-10 gram dalam 250 cc air kemudian dioleskan akan membunuh kutu dan larva lalat.


Comments

comments