Kencur adalah salah satu herbal yang masih satu keluarga dengan jahe yaitu tanaman rimpang. Rimpang adalah akar yang menonjol yang memiliki ciri rasa yang pedas dan aromatik. Kencur memiliki nama latin Kaempferia galanga L sangat populer di Indonesia, Cina selatan, Taiwan, India dan kamboja baik sebagai bumbu masakan maupun herbal.
kencur

Kandungan Nutrisi Kencur

Kencur mengandung zat gizi berupa vitamin C, beta karoten, kalsium, dan vitamin B kompleks. Kencur juga mengandung zat aromatik berupa eugenol, galangin, cineol, borneol, 3-Carene, camphene, kaempferol, kaempferide, cinnamaldehyde, asam p-methoxycinnamic, etil sinamat dan etil p-metoksisinamat.

Khasiat dan Manfaat Kencur

Beberapa manfaat dan khasiat kencur adalah sebagai berikut:

  1. Membunuh larva
    ekstrak kencur dapat membunuh larva nyamuk culex quinquefasciatus dan aedes aegypti yang merupakan vektor penyakit berbahaya demam berdarah.
  2. Anti-bekteri dan anti-jamur
    minyak essensial kencur dapat membunuh bakteri Escherichia coli,Staphylococcus aureus dan jamur Alternaria, Colletotrichum, Fusarium, etc.
  3. Menurunkan lemak tubuh
    ekstrak kencur merupakan inhibitor enzim lipooksigenase sehingga dapat menurunkan kolesterol total, tribliserida dan posfolipid dalam darah dan jaringan.
  4. Anti-karsionegen
  5. Mengobati hipertensi
    ekstrak kencur dapat menurunkan kontraksi otot polos saluran darah dengan cara menurunkan influks dan sensitivitas Ca2+.
  6. Manfaat lain
    mengobati flu, batuk, menghilangkan ketombe, sakit perut, diare, sakit gigi, mual dan muntah dan lain sebgainya.

Bagian Kencur Yang Bermanfaat

Bagian yang bermanfaat dari pohon kencur adalah kencur itu sendiri, batang dan daunnya. Namun, bagian yang memiliki manfaat herbal adalah bagian rimpang kencurnya. Kencur dapat ditemui dalam bentuk kencur segar, kencur kering, ekstrak, minyak, minuman, ramuan dan lain sebagainya.

Efek Samping

Pada dasarnya kencur aman jika dikonsumsi dalam jumlah wajar. Adapun efek samping yang timbul biasanya jarang terjadi. Efek samping yang terjadi biasanya halusinasi, itupun jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi sekali. Kencur bisa menyebabkan alergi dengan ciri kulit merah, sulit bernafasdan tanda alergi lain.

Dosis  dan Cara Menggunakan Kencur

Kencur tidak memiliki dosisi yang pasti dan disepakati. Beberapa cara dapat digunkan untuk memanfaatkan kencur sebagai herbal:

  1. Untuk mengobati batuk berdahak: tambahkan satu sendok ekstrak kencur dengan madu alami.
  2. Teh kencur dapat dibuat dengan menambahkan kencur kering kedalam air panas lalu simpan selama 15 menit. Kemudian dapat dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh, membantu pemulihan flu, mengurangi sakit perut dan sebgainya
  3. Ekstrak kencur dapat dioleskan ke kulit kepala untuk mengurangi ketombe
  4. Cara penggunaan lain: ramuan, jamu dan sebgainya.




Incoming search terms:

  • efek samping kencur

Comments

comments