vitamin b9

Vitamin B9 yang awam dikenal sebagai asam folat juga sering disebut sebagai folisin atau folat saja. Asal kata asam folat sendiri berasal dari folium yang dalam bahasa latin berarti daun. Penggunaan kata daun merujuk pada penemuan dan pengisolasian vitamin B9 pertama kali yang dihasilkan dari daun bayam.

Sebagai bagian dari vitamin-vitamin B kompleks, asam folat juga terurai atau larut oleh air dan sangat penting bagi proses metabolisme tubuh. Dalam struktur molekul, asam folat berfungsi sebagai ko-enzim dengan bentuk tetrahydrofolat (THF). THF sendiri bertugas mengirimkan atom karbon kepada asam nukleat dan asam amino. Lain sisi, THF juga berperan aktif dalam sintetis pyrimidina sehingga proses generasi dan membangun sel-sel tubuh sangat memerlukan asam folat. Artinya, asam folat harus mencukupi selama masa kehamilan dan masa menyusui dimana sel tubuh sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Inilah alasan utama dokter kandungan selalu meresepkan asam folat dalam bentuk suplemen bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin B9 dalam tubuh ibu hamil maupun menyusui.

Asam folat dalam bentuk alami lebih mudah diserap tubuh dan bila kondisi normal dan pola makan juga normal atau memenuhi standar kesehatan, kebutuhan akan vitamin B9 seharusnya terpenuhi dengan baik. Beberapa kondisi membutuhkan tingkat vitamin B9 yang lebih tinggi dari biasanya dan kondisi tertentu ini memaksa kita untuk memperolehnya melalui suplemen vitamin B9 karena meski banyak sumber makanan yang mengandung asam folat, kandungan tersebut sangatlah kecil sehingga untuk tujuan pengobatan tidak mencukupi.

Beberapa penelitian juga memastikan bahwa vitamin B9 bekerja sama dengan vitamin B6 serta vitamin B12 dan beberapa kelas nutrisi lainnya mengontrol kandungan asam amino homocystine dalam sel darah merah dimana tingginya asam amino homocystine dalam sel darah merah dikaitkan dengan penderita gagal jantung dan gangguan peredaran darah lainnya. Hanya saja, para peneliti belum dapat menentukan apakah kondisi kegagalan jantung diakibatkan oleh tingginya kadar asam amino homocystine atau kadar yang tidak normal tersebut disebabkan oleh kelainan jantung itu sendiri.

Secara umum, sangat wajar memiliki kadar asam folat rendah dalam tubuh dan tidak akan mengganggu kesehatan. Beberapa penyebab dapat menyebabkan rendahnya kadar asam folat, misalnya minum minuman beralkohol, dimana kondisi tersebut masih bisa ditangani secara medis secara mudah meski disarankan selalu untuk menjaga level asam folat dalam tubuh agar terhindar dari dampak kekurangan vitamin B9.

Sumber Vitamin B9

Asam folat mudah ditemukan terutama pada jenis sayuran dengan hijau daun. Hanya saja kandungan yang dimiliki biasanya tidak tinggi, namun karena kebutuhan tubuh akan asam folat juga tidak terlalu besar, kecuali untuk kondisi-kondisi tertentu seperti masa kehamilan, maka kandungan-kandungan tersebut mencukupi kebutuhan tubuh manusia.

Berikut ini beberapa bahan makanan alami yang sering kita temui dan mengandung asam folat yang baik :

  • Jenis kacang-kacangan
  • Sayur bayam
  • Sawi
  • Asparagus
  • Selada
  • Brokoli
  • Alpukat
  • Mangga
  • Pepaya
  • Nanas
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Roti
  • Pak choi
  • Hati sapi
  • Susu dan telur

Kesemuanya hanya contoh dari banyak sumber makanan yang mengandung vitamin B9. Disarankan bagi yang membutuhkan kandungan tinggi untuk mengkonsumsi sayur mayur serta buah-buahan karena relatif mengandung vitamin B9 tinggi.

Manfaat Vitamin B9

Asam folat berperan penting bagi fungsi otak normal dan juga berperan dalam pembentukan mental serta emosi. Bantuan tersebut terutama pada pembentukan rantai DNA serta RNA yang merupakan material pembentuk susunan sel tubuh. Asam folat juga terindikasi berperan dalam pengolahan zat besi menjadi materi yang bisa digunakan oleh tubuh secara baik.

Wanita hamil lebih beresiko kekurangan asam folat sehingga semua pemerintahan mewajibkan tenaga medisnya meresepkan asam folat bagi ibu hamil dan menyusui. Hal ini sangatlah krusial karena perkembangan anak di masa pembentukan janin dan masa pertumbuhan dini sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah yang tinggi. Kekurangan asam folat dalam kasus kehamilan bisa berakibat fatal dan merugikan yaitu bayi cacat lahir. Dosis yang disarankan adalah 600 mg asam folat dimana 100 mg diasumsikan dari sumber alami dan 500 mg berupa suplemen vitamin B9.

Bahkan, untuk wanita yang menantikan kehamilan dianjurkan mengkonsumsi dosis 400 mg asam folat guna meningkatkan cadangan asam folat yang akan langsung dibutuhkan oleh bakal janin bayi dalam proses pembentukannya dalam rahim. Beberapa pendapat menunjang kesimpulan bahwa dosis tinggi asam folat bisa menghindarkan ibu hamil dari melahirkan diluar waktu meski beberapa suara lain menentang karena belum didapatkan bukti ilmiah yang cukup.

Dalam hubungannya dengan kondisi jantung, asam folat diyakini bisa membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Dan seperti yang sudah disebutkan, asam folat bisa menurunkan tingginya kadar asam amino homocystine dimana kadar 1,7 kali dari normal diyakini bisa menyebabkan penyumbatan arteri jantung dan kadar 2,5 kali dari normal bisa menyebabkan terjadinya stroke.

Selain dua manfaat utama diatas, beberapa manfaat lain dari vitamin B9 sering digunakan untuk mengatasi kondisi medis. Salah satunya adalah terapi memperlambat penurunan kemampuan mendengar yang berhubungan dengan penuaan. Selain penurunan pendengaran, terapi untuk mengatasi AMD atau rabun yang diakibatkan penurunan kemampuan lensa mata akibat penuaan juga biasanya menggunakan dosis asam folat tertentu.

Asam folat juga terkadang digunakan sebagai obat anti depresi meski berbagai kesimpulan agak simpang siur dan kurang saling mendukung. Beberapa penelitian menemukan bahwa untuk wanita vitamin B9 berhasil pada tingkat 30-50% keberhasilan mengatasi depresi meski berbeda hasilnya bagi pria. Namun penelitian lain menyatakan tidak ada efek yang pasti dari terapi vitamin B9 tersebut dalam kaitannya dengan depresi.

Kekurangan vitamin B9

Karena mudah ditemukan dalam berbagai bahan makanan alami dan tubuh hanya membutuhkan sedikit kandungan asam folat, jarang ditemui gangguan kesehatan yang disebabkan defisiensi vitamin B9. Perlu diperhatikan bahwa kadar yang dibutuhkan tubuh akan berbeda jauh bagi ibu hamil dan menyusui.

Meski demikian, kekurangan vitamin B9 pada umumnya akan mengalami beberapa kondisi sebagai berikut :

  • Mudah lelah
  • Kehilangan selera makan
  • Anemia
  • Pertumbuhan yang lambat masa kanak-kanak

Keracunan Vitamin B9

Beberapa reaksi tubuh bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya asupan vitamin B9. Meski asam folat aman bagi kesehatan, namun dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur dan tanda pada kulit kita.

Untuk mencegah terjadinya keracunan asam folat, bagi pasien yang sedang mengalami kemoterapi ataupun pasien yang sedang mendapatkan pengobatan antikonvulsan dianjurkan tidak mengkonsumsi suplemen asam folat. Juga tidak dianjurkan meminum obat antibiotik berbarengan dengan vitamin B9 karena dapat memperlambat penyerapan antibiotik oleh tubuh dan mengurangi efektifitas antibiotik tersebut.

Bagi penderita defisiensi vitamin B12 juga tidak dianjurkan mengkonsumsi suplemen asam folat karena dapat menyebabkan peningkatan gejala yang bisa mengarah kepada kerusakan saraf permanen.


Vitamin B9 mudah ditemui dalam makanan kita sehari-hari yang bisa menjadi  sumber vitamin B9 baik. Dalam pengenalan vitamin B9 kita juga sudah mengetahui lebih jauh manfaat vitamin B9 atau asam folat dalam struktur molekulnya dan berbagai aktifitas vitamin B9 berkaitan dengan sel-sel tubuh. Dengan demikian diharapkan bagi pemerhati kesehatan seyogyanya bisa menjaga jangan sampai terjadi kekurangan vitamin B9 ataupun keracunan vitamin B9 meski kasus-kasus yang terkait kedua hal tersebut jarang terjadi. Perlu dicatat bahwa asam folat sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui dan tidak boleh terlewatkan agar terjaga kesehatan janin dan bakal anak.

Penulis : HEF (dari berbagai sumber)




Incoming search terms:

  • fungsi vitamin B9
  • Manfaat vitamin B9
  • kelebihan dari obat asam folat

Comments

comments