vitamin b7

Pada dasarnya vitamin B7 tergolong sangat stabil, bahkan diantara anggota keluarga vitamin B kompleks vitamin B7 atau yang sering disebut sebagai Biotin ini paling stabil. Stabil yang dimaksud dalam hal ini adalah vitamin B tidak mudah rusak dalam beberapa kondisi yang biasanya bisa merusak vitamin B lainnya, misalnya paparan langsung sinar matahari, panas dan interaksi dengan oksigen. Meski demikian, vitamin B7 juga terlarut dalam air.

Beberapa pihak sering tertukar biotin sebagai vitamin H yang dikemudian hari ditemukan bahwa kedua substansi ini adalah sama hanya berbeda bentuk. Kekeliruan kecil ini sangat dimungkinkan karena ada 8 bentuk dari vitamin B7 dan hanya ada 1 bentuk yaitu D-biotin ( atau biotin saja ) yang dihasilkan secara alami dan memiliki fungsi utuh sebagai vitamin. Setelah dipastikan kesamaan kedua substansi tersebut, akhirnya istilah vitamin B7 atau biotin lebih umum digunakan dalam jurnal medis.

Peran penting biotin dalam tubuh manusia mencakup berbagai reaksi biokimia seperti proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, pergerakan karbondioksida dan reaksi berantai antar neuron sel otak. Biotin memungkinkan tubuh manusia memiliki asam lemak, asam amino dan tentu saja glukosa ataupun turunannya glukogen. Selama proses metabolisme tersebut tubuh menghasilkan energi, yang disebut sebagai katabolisme tubuh.

Biotin adalah vitamin yang mudah ditemui secara alami karena berbagai jenis makanan mengandung kadar biotin dalam batas tertentu. Bahkan, dalam pencernaan normal manusia, biotin juga dihasilkan meski dalam kuantitas yang sangat sedikit. Berdasarkan beberapa penelitian, disarankan manusia mengkonsumsi vitamin B7 dalam dosis kisaran 0,3-1 mg per hari. Jumlah ini mudah dipenuhi oleh diet normal sehari-hari. Dalam pengawasan ahli kesehatan, dosis maksimal 2,5 mg dapat diberikan, biasanya untuk mengatasi gejala kerusakan kuku dan rambut dan dalam proses penyembuhan penyakit gula atau diabetes.

 Sumber Vitamin B7

Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin B7 mudah ditemukan dalam makanan sehari-hari. Berbagai macam sayuran, buah-buahan, daging telur dan olahan susu memiliki kandungan vitamin B7 yang mencukupi kebutuhan dasar manusia akan vitamin B7. Berikut sumber vitamin B7 dari berbagai jenis-jenis makanan:

  • Ragi
  • Hati dan ginjal ( kandungan vitamin B7 dalam hati 100 kali lipat dibandingkan dalam daging )
  • Kuning telur
  • Kedelai
  • Kacang-kacangan
  • Sereal
  • Ikan salmon dan mackarel
  • Pisang
  • Semangka
  • Susu dan olahannya ( keju / mentega / dsb )
  • Gandum

Manfaat Vitamin B7

Dalam sisi pengobatan, vitamin B7 umumnya dipergunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan rambut, kulit dan kuku. Biotin paling sering dipergunakan untuk mengatasi rambut rapuh, rontok atau alopecia. Pada sisi komersil lainnya, vitamin B7 dipergunakan untuk mengembalikan warna kulit yang kusam akibat polusi, penuaan, kondisi kesehatan yang memburuk dan alasan-alasan lainnya.

Selain penggunaan umum tadi, banyak sekali manfaat lain dari vitamin B7 yang perlu kita ketahui lebih lanjut. Menjaga kelancaran proses metabolisme tubuh, menjaga jaringan atau lapisan tubuh, penurunan berat badan, kelainan jantung dan mengatasi berbagai gangguan yang disebabkan tingginya kandungan gula dalam darah.

Beberapa penyakit kritis juga perlu diberikan asupan vitamin B7 rutin, misalnya penderita Parkinson, sindrom Rett, infeksi pada vagina, hingga sistem otak yang mengatur pernafasan kita. Untuk mengatasi berbagai penyakit tadi, dokter akan memberikan dosis tinggi vitamin B7 guna mempercepat proses terapi penyembuhan.

Manfaat vitamin B7 yang sering kita tidak sadari adalah dengan mendapatkan dosis vitamin B7 yang cukup, tubuh kita tidak akan mudah lelah ataupun nyeri. Hal ini dimungkinkan karena vitamin B7 menjadi biokatalis bagi banyak sistem metabolisme tubuh, terutama yang berkaitan langsung dalam proses penguraian molekul kompleks menjadi molekul sederhana dimana dalam proses tersebut tubuh akan melepaskan energi yang dipergunakan bagi berbagai aktifitas tubuh. Selain itu, biotin menjaga tingkat pertumbuhan jaringan otot dan memeliharanya agar dalam kondisi yang terbaik.

Vitamin B7 juga membantu proses penyembuhan pada luka luar sehingga jaringan kulit yang cacat dapat segera tergantikan dan luka cepat sembuh. Selain jaringan kulit, vitamin B7 berperan aktif dalam jaringan sel saraf, termasuk membantu dan menjaga pertumbuhan yang normal pada sumsum tulang belakang.

Kekurangan vitamin B7

Biotin adalah vitamin yang stabil dan mudah ditemui dalam berbagai sumber makanan, sehingga jarang ditemukan kasus kekurangan vitamin B7 pada manusia yang berakibat fatal. Meski demikian, beberapa gejala akan terjadi apabila asupan vitamin B7 tidak mencukupi dan kondisi lain yang bisa mengakibatkan kekurangan vitamin B7 juga perlu mendapatkan perhatian kita.

Defisiensi vitamin B7 bisa menyebabkan beberapa gejala di bawah ini :

  • Gangguan / penyakit kulit (dermatitis) seperti ruam, sisik dan sebagainya
  • Perasaan depresi atau stress berkepanjangan
  • Pusing
  • Anemia atau umum disebut kekurangan darah
  • Kerontokan rambut
  • Kulit yang kusam dan kasar
  • Luka luar yang sulit sembuh

Selain gejala-gejala diatas, bagi penderita yang mudah mengalami infeksi yang disebabkan jamur maupun bakteri, harus segera memeriksakan kecukupan vitamin B7 karena antibodi dan tingkat imun kita juga dipengaruhi oleh asupan vitamin B7 ini.

Keracunan vitamin B7

Vitamin B7 relatif aman bagi tubuh dikarenakan kelebihan kandungan biotin dalam tubuh bisa dikeluarkan segera oleh tubuh yang dimungkinkan karena vitamin B7 sebagai bagian dari keluarga B kompleks larut dalam air.

Belum ada laporan yang menyebutkan tentang keracunan vitamin B7 dalam laporan kesehatan manapun, terkecuali pada satu kasus yaitu penerima berusia lanjut diberikan dosis rutin vitamin B7 sebesar 10 mg per hari dan vitamin B5 sebesar 50 mg per hari selama 2 bulan mengalami suatu gejala yang kemudian disebut sebagai eosinophilic pleuropericardial effusion yang cukup berbahaya. Belum bisa dipastikan secara lanjut apakah hal ini disebabkan oleh over dosis vitamin B7 atau vitamin B5 atau kombinasi keduanya yang diberikan secara rutin dalam waktu yang panjang.

Interaksi vitamin B7 dengan jenis vitamin lain atau obat lain juga dilaporkan tidak memiliki kecenderungan mengganggu. Hanya catatan yang perlu diperhatikan adalah karena susunan struktural antara biotin dan vitamin B5 sangat mirip, diperkirakan akan terjadi persaingan yang merugikan apabila tubuh menerima keduanya dalam dosis skala tinggi.


Salah satu vitamin yang paling bersahabat dan aman digunakan adalah vitamin B7. Dengan pengenalan biotin atau vitamin B7 ini diharapkan kita bisa memilih mana sumber-sumber vitamin B7 terbaik bagi tubuh dan menjaga diet atau pola makan kita. Kestabilan dan kemudahan akses manusia terhadap vitamin B7 menyebabkan tidak adanya laporan kekurangan vitamin B7 atau keracunan vitamin B7 yang telah terjadi yang dapat membahayakan manusia.

Meskipun demikian, sesuai dengan saran ahli kesehatan, usahakan selalu menjaga dosis asupan vitamin B7 dalam bentuk suplemen pada tingkat yang tidak berlebihan sehingga tidak memberatkan proses pembuangan tubuh.

Penulis : HEF (dari berbagai sumber)




Incoming search terms:

  • akibat kelebihan vitamin b7
  • Kelebihan vitamin B7
  • manfaat biotin

Comments

comments