zinc seng zn

Zinc merupakan salah satu mineral yang jarang dibahas namun penting bagi kesehatan manusia. Unsur logam (Zn atau Seng dalam bahasa Indonesia) dengan nomor atom 30 ini sangat vital bagi berbagai sistem biologis manusia, hewan dan tumbuhan. Bagi manusia khususnya, zinc berperan penting dalam sekitar 300 fungsi enzim dalam tubuh sebagai kofaktor protein dan penyusunan rantai DNA serta RNA, termasuk di dalamnya proses produksi testosteron.

Tubuh manusia dewasa secara normal mengandung sekitar 2-3 gram zinc dimana zinc dapat ditemukan dalam berbagai organ manusia, jaringan lunak, tulang, cairan dan sel-sel. Konsentrasi terbesar berada pada otot dan tulang yaitu berkisar di angka 90% dari keseluruhan zinc yang ada. Kandungan terbesar lain berada pada kelenjar prostat dan semen.

Elemen zinc sendiri sudah dikenal sejak lama. Penamaan zinc pertama kali diberikan oleh kimiawan Paracelcus yang mengambil kata dari bahasa Jerman, Zinke, pada akhirnya dipergunakan secara umum untuk mengidentifikasikan elemen tersebut. Penggunaan zinc sendiri sejak itu sangatlah luas. Mulai dari industrialisasi logam hingga industria kimia. Pada bidang kimia, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan, zinc dipergunakan sebagai bahan perawatan kulit, suplemen vitamin dan mineral, deodoran, shampo anti ketombe serta bahan-bahan laboratorium.

Sumber Zinc

Zinc mudah ditemui dalam beragam jenis makanan umum. Biasanya, makanan yang mengandung protein tinggi juga mengandung kadar zinc tinggi. Khususnya untuk jenis makanan laut, kerang-kerangan dan tiram adalah sumber terbaik untuk mendapatkan kecukupan zat zinc.

Beberapa jenis makanan dibawah ini merupakan sumber zinc dalam kategori yang baik :

  • Tiram / Kerang dan sebagian besar hewan laut bercangkang
  • Daging merah (semakin pekat semakin tinggi kadar zinc-nya)
  • Telur
  • Susu
  • Cereal
  • Roti
  • Kacang-kacangan
  • Ikan

Jenis buah-buahan dan sayur-sayuran umumnya mengandung kadar zinc yang rendah dan sulit diserap oleh tubuh. Oleh karenanya, bagi vegetarian ataupun frutarian umumnya mengalami berbagai gejala kekurangan zinc apabila tidak dibantu dengan suplemen zinc maupun asupan lain yang mengandung kecukupan zinc yang baik.

Manfaat Zinc

Zinc sebagai mineral yang vital bagi manusia memiliki berbagai manfaat yang bisa langsung dirasakan oleh tubuh atau dipergunakan secara khusus untuk keperluan medis. Berikut ini beberapa penggunaan zinc sesuai manfaatnya dalam kesehatan :

  • Pada masa kehamilan, fetus atau bakal bayi membutuhkan banyak zinc dalam proses pengembangan sel-sel. Kecukupan zinc bisa mencegah bayi terlahir prematur dan kelainan cacat lahir.
  • Tingkat kesuburan, terutama pada kaum pria. Zinc berperan aktif dalam menjaga kondisi kelenjar prostat terhadap infeksi dan pembekakan kelenjar. Zinc juga menjaga kuantitas dan kualitas sperma serta fungsi testosteron.
  • Sistem imunitas tubuh. Di antara vitamin-vitamin dan mineral lainnya, zinc menunjukan efek yang lebih kuat dalam berbagai sistem imunitas tubuh. Sifatnya yang unik dalam T-sel menjaga sel imun ini tetap aktif mengenali infeksi dan menanggulanginya.
  • Zinc juga membantu mempercepat peremajaan kulit. Penggunaan yang paling umum adalah krim mengandung zinc untuk mengatasi ruam kulit akibat penggunaan diaper pada bayi serta mempercepat penyembuhan luka potong atau bakar. Zinc juga ditambahkan dalam perawatan jerawat dan krim pelindung kulit.
  • Menjaga kesehatan rambut. Berbagai produk rambut menambahkan zinc karena zinc menjadi faktor yang merawat kekuatan dan ketebalan rambut dan sering dipergunakan sebagai produk anti ketombe.
  • Zinc juga dipergunakan untuk perawatan retina mata. Kadar zinc dalam retina tinggi dan berfungsi mencegah efek penuaan retina mata yang bisa mengakibatkan kebutaan atau rabun karena usia. Zinc juga diyakini berpengaruh pada resiko katarak serta rabun senja.

Kekurangan Zinc

Berbagai efek merugikan bisa terjadi apabila terjadi kekurangan zinc dalam tubuh. Kondisi ini disebut hipozinkemia atau defisiensi zinc. Defisiensi zinc ini bisa terjadi meski tetap menjadi kasus yang umum namun relatif tidak terlalu menyebar. Kekurangan zinc terjadi umumnya pada orang-orang yang menganut pola diet vegetarian atau fruitarian yang rendah protein.

Beberapa gejala bisa timbul akibat kekurangan zinc ini, seperti :

  • Mudah terkena infeksi
  • Rambut rontok
  • Kehilangan selera makan
  • Gangguan indera pengecap dan penciuman
  • Kulit kasar atau berjerawat
  • Pertumbuhan yang lambat pada anak
  • Kesulitan melihat dalam gelap
  • Luka luar yang lama sembuh

Berbagai gejala di atas umum dialami oleh seseorang sehingga terkadang sulit untuk langsung mengenali kondisi kekurangan zat zinc ini. Hal ini dipersulit dengan belum adanya metode yang tepat untuk mengukur kadar zinc dalam tubuh seseorang sehingga dalam bentuk saran pencegahan, ahli medis umum memberikan suplemen multi vitamin plus mineral zinc sebagai tindak pencegahan kekurangan zinc bila menemukan beberapa gejala seperti di atas tadi.

Kelebihan Zinc

Kondisi gangguan kesehatan yang bisa diakibatkan berlebihnya kadar zinc dalam tubuh manusia jarang terjadi. Hal ini disebabkan tubuh menggunakan pola homeostatis (penyerapan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh) bagi asupan zinc. Tubuh secara otomatis akan mengurangi penyerapan zinc apabila kadar zinc sudah mencukupi kebutuhan metabolisme. Hanya saja, beberapa kondisi medis bisa menyebabkan kondisi ini menjadi kurang akurat. Pengguna alkohol misalnya, menyebabkan berbagai gangguan ginjal dan juga menghambat pola penyerapan zinc.

Beberapa gangguan yang bisa timbul akibat berlebihnya kadar zinc dalam tubuh meliputi diare, kram pada abdominal dan kadang disertai dengan muntah-muntah. Apabila ini terjadi setelah 3-10 jam meminum suplemen tinggi zinc, tidak perlu menjadi khawatir berlebih karena gejala-gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah kelebihan zinc dibuang oleh tubuh.

Bagi pengguna suplemen zinc, perlu diperhatikan bahwa umumnya produk suplemen zinc juga disertai dengan kandungan cadmium dikarenakan zinc dan cadmium memiliki kemiripan dan sering secara alami didapatkan bersamaan, padahal asupan terus menerus cadmium dalam dosis yang tinggi bisa menyebabkan kegagalan ginjal. Karena itu disarankan jika hanya membutuhkan suplemen zinc saja, pilih suplemen yang mengunakan senyawa zinc glukonat dimana zinc glukonat rendah kandungan cadmium-nya.

Zinc sebagai salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh ternyata memegang peranan begitu penting bagi berbagai proses metabolisme tubuh terutama yang berkaitan dengan kerja enzim-enzim dalam fungsinya sebagai proses fisiologi normal. Berbagai manfaat zinc dapat kita kenali dan pahami sehingga kita bisa memaksimalkan kegunaan zinc bagi kesehatan kita. Melalui pengenal zinc kita juga bisa lebih paham akan kekurangan serta akibat dari berlebihan zinc dalam kaitannya dengan kesehatan.

Berbagai info tadi bisa menjadi pertimbangan saat kita memerlukan jenis-jenis makanan yang kaya akan zinc dan menghindari mana yang kurang tepat ketika kita sedang membutuhkan tambahan asupan zinc. Sumber-sumber zinc juga bisa menjadi patokan bagi perencanaan pola diet kaya akan kandungan zinc. Disarankan bagi vegetarian serta fruitarian agar menambahkan suplemen zinc untuk menghindari kekurangan zinc dalam tubuh.

Penulis : HEF (dari berbagai sumber)




Incoming search terms:

  • manfaat zinc
  • makanan yg mengandung zinc
  • kekurangan zinc
  • makanan mengandung zinc
  • suplemen zinc
  • akibat kekurangan zinc
  • manfaat shampo zinc

Comments

comments