manganese mangan mn

Secara umum apabila kita membicarakan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, maka kita akan langsung teringat kepada kalsium dan zat besi. Saat kita lebih mendalami sedikit mengenai mineral sebagai nutrisi kita mengenal zinc atau magnesium. Hanya sedikit yang mungkin mengenal tentang mineral mangan (manganese dalam bahasa inggris) sebagai mineral nutrisi dasar bagi tubuh yang memiliki berbagai manfaat dan fungsi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan mineral lain.

Sejak ditemukan pada tahun 1930-an, peneliti nutrisi menyadari bahwa tubuh manusia membutuhkan asupan mangan dalam kadar tertentu secara rutin perharinya. Sejak saat itu ditetapkan bahwa tubuh manusia dewasa membutuhkan sekitar 15-20 miligram yang tersimpan dalam berbagai organ tubuh manusia seperti ginjal, pankreas, hati dan jaringan tulang. Jumlah mangan yang ada dalam tubuh memang sangat sedikit dimana jumlah mangan tersebut sangat mudah dipenuhi dari makanan yang kita konsumsi secara normal.

Mangan banyak terkandung dalam berbagai macam jenis makanan sehari-hari. Bahkan berdasarkan daftar makanan sehat yang disarankan berbagai fasilitas kesehatan sekitar 85% mengandung kadar mangan dalam kategori sangat baik, baik dan mencukupi. Hal ini menyebabkan kecuali kondisi medis tertentu, kekurangan akan mangan sangat jarang terjadi.

Mangan merupakan mineral dengan lambang Mn (orang sering tertukar dengan Mg sebagai magnesium) dengan nomor atom 25. Mangan secara alami tidak ditemukan sebagai unsur tunggal melainkan dengan kombinasi bersama unsur lain seperti zat besi, fosfat dan banyak lagi. Dalam jaringan hidup, mangan bertugas sebagai kofaktor untuk beragam jenis enzim dengan bermacam-macam fungsi. Salah satu fungsi enzim ber-mangan yang sangat penting ada dalam proses detoxifikasi radikal bebas superoxida pada sel jaringan hidup yang berhubungan dengan berbagai elemen oksigen. Mangan juga berperan aktif dalam pembentukan tulang, pembentukan ikatan pada jaringan lunak, penyerapan kalsium dan masih banyak lagi manfaat dari mangan yang perlu kita ketahui.

Sumber Mangan

Seperti yang disebutkan tadi, banyak jenis makanan yang mengandung mangan dalam kadar yang baik bagi kesehatan manusia. Untuk mempermudah bisa dijabarkan beberapa jenis makanan sumber alami kandungan mangan yang tergolong sangat baik sebagai berikut :

  • Sayuran hijau (terutama bayam)
  • Oatmeal
  • Beras Merah
  • Nanas
  • Kayu manis
  • Raspberry dan Strawberry
  • Lada hitam
  • Kacang polong
  • Makanan laut secara umum
  • Bawang putih
  • Daun basil
  • Sayur Pak Choy
  • Biji semangka
  • Kedelai dan olahannya seperti tahu dan tempe
  • Kacang-kacangan
  • Kentang manis
  • Kol / Brokoli / Asparagus
  • Tomat
  • Selada
  • Seledri

Daftar di atas masih bisa ditambahkan dengan berbagai jenis makanan yang tergolong baik dalam kaitannya dengan kandungan mangan. Disarankan mengkonsumsi sayuran hijau, kelapa, kacang almond ataupun huzelnuts karena sumber-sumber ini bisa meningkatkan penyerapan atau absorpsi mangan dalam tubuh.

Manfaat Mangan

Mangan sangat berguna bagi kesehatan tulang. Pertumbuhan yang sehat dan kuat dari struktur tulang manusia dipengaruhi secara langsung dengan asupan mangan sejak usia dini. Mangan sangat efektif dalam meningkatkan densitas mineral dalam tulang belakang dimana fungsi ini sangat berpengaruh bagi wanita yang berada pada tahap menopause. Banyak ditemukan pada wanita menopause kondisi kekurangan mangan dalam tubuh sehingga sebagai saran medis biasanya diberikan asupan suplemen mengandung mangan bagi wanita yang tengah menjalani masa menopause ini. Kegagalan menambah asupan mangan tersebut bisa meningkatkan resiko osteoporosis.

Karena mangan menjadi salah satu antioksidan super, dalam tubuh manusia mangan juga berperan menjaga atau memonitor aktifitas radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Berbagai kerusakan bisa disebabkan oleh radikal-radikal bebas tersebut terhadap sel tubuh manusia. Dengan menjaga kadar mangan dalam tubuh kita bisa memperkecil efek negatif yang bisa disebabkan oleh radikal bebas dan mencegahnya merusak berbagai sel-sel jaringan tubuh ataupun kanker.

Mangan juga memiliki kelebihan dalam menjaga kadar gula dalam darah. Kondisi ini bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit gula seperti diabetes. Untuk mengontrol kadar gula darah mangan menormalisasikan kadar insulin serta pembuangan sehingga gejolak naik turunnya kadar gula bisa dicegah seminim mungkin.

Pada penderita epilepsi, rendahnya kandungan mangan dalam tubuh bisa memicu terjadinya serangan epilepsi. Biasanya untuk mengatasi atau mengurangi intensitas serangan epilepsi yang membahayakan diberikan suplemen mangan secara rutin. Cara kerja mangan terhadap penyakit epilepsi ini masih menyisakan berbagai pertanyaan yang belum bisa dipecahkan, namun diyakini mangan menjadi kunci dari kualitas hidup penyandang epilepsi.

Manfaat mangan masih banyak lagi bagi tubuh manusia. Mangan sudah sangat dikenal dalam pengobatan inflamasi atau pembengkakan serta nyeri sendi. Bagi wanita yang berada dalam masa haid juga disarankan mencukupi kebutuhan mangan-nya karena mangan dapat meredakan berbagai gejala PMS (pre menstruasi sindrom) seperti perubahan mood, sakit kepala, depresi hingga rasa gelisah.

Sebagai kofaktor berbagai enzim, mangan juga berperan dalam menjaga berfungsinya kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri berperan sangat penting bagi kesehatan manusia. Mangan juga membantu tubuh untuk menyerap berbagai jenis vitamin. Beberapa defisiensi vitamin tertentu dapat diatasi dengan memberikan suplemen mangan guna mengangkat penyerapan vitamin secara maksimal. Mangan juga sangat berhubungan dengan fungsi otak dan saraf, metabolisme glukosa serta saluran pencernaan.

Kekurangan Mangan

Kondisi kesehatan tubuh yang mengalami defisiensi mangan sangat langka ditemukan. Dalam kondisi kesehatan yang normal, manusia yang mengikuti pola makan yang tidak mengacu hanya pada satu atau dua tipe makanan, pasti bisa mencukupi kebutuhan akan mangan.

Hanya saja, beberapa kondisi misalnya bagi pasien yang baru saja mendapatkan tindakan pembedahan abdominal biasanya rentan kekurangan mangan. Atau kondisi dimana seseorang mengalami kelebihan zat besi atau magnesium, bisa menyebabkan menurunnya penyerapan mangan oleh tubuh. Beberapa kondisi bisa menyebabkan terjadinya defisiensi, namun jarang sekali bisa ditemukan gangguan yang khusus disebabkan oleh kekurangan mangan yang membahayakan dan tidak dapat diatasi dengan asupan suplemen mengandung mangan.

Keracunan Mangan

Pada sisi lain, mangan yang merupakan salah satu dari 3 mineral yang paling sedikit dan bisa bersifat toxic yang terdapat dalam tubuh manusia, juga mudah mengalami kelebihan kadar dalam tubuh. Mangan seperti mineral lainnya juga bersifat beracun apabila tersimpan secara berlebihan dalam tubuh. Selalu waspada bila mengambil dosis suplemen mangan tertentu dan disarankan selalu berada dalam pengawasan ahli medis.

Beberapa gejala gangguan kesehatan bisa diakibatkan oleh berlebihnya kadar mangan bisa dicontohkan sebagai berikut :

  • Gangguan ginjal
  • Gangguan mental
  • Kejang
  • Penyakit Parkinson atau gejala-gejala yang menyerupai
  • Penurunan tingkat intelegensia

Pengenalan mangan bisa membantu kita lebih memahami fungsi dan efek mineral mangan dalam tubuh manusia. Berbagai sumber mangan mudah ditemukan karena sekitar 85% jenis makanan yang dikenal manusia mengandung kadar mangan dalam kadar yang tergolong cukup tinggi. Ditambah fakta bahwa tubuh hanya membutuhkan sedikit saja kandungan mangan sehingga kasus-kasus gangguan kesehatan akibat kondisi kekurangan mangan sangat jarang ditemukan. Justru malah kondisi berlebihan mangan yang perlu diwaspadai karena berbagai gangguan kesehatan bisa disebabkan oleh berlebihnya kadar mangan dalam tubuh.

Penulis : HEF (dari berbagai sumber)




Incoming search terms:

  • manfaat mangan
  • manfaat mangaan
  • kegunaan mangan
  • fungsi mangan
  • sumber mangan
  • pemanfaatan mangaan

Comments

comments