kalsium ca

Kalsium (calcium) atau Ca adalah sejenis mineral relatif lunak dengan nomor atomik 20 yang menjadi mineral ke 5 yang terbanyak di muka bumi. Kalsium penting bagi organisme hidup terutama untuk proses intra sel dimana perpindahan kalsium menjembatani atau berfungsi sebagai signal bagi koneksi antar sel. Kalsium juga menjadi material terpenting bagi pembentukan tulang, gigi, dan cangkang hewan.

Sebagai nutrisi, kalsium memegang peranan sangat penting dalam pola diet sehat dan kandungan mineral dalam tubuh. Sekitar 99% komposisi kalsium tubuh manusia tersimpan dalam tulang dan gigi dan sisanya menyebar ke seluruh tubuh dalam fungsi yang tidak kalah pentingnya. Misalnya saja dalam proses pelepasan mikro transmiter antar sel tubuh dan kontraksi masa otot. Dalam sistem bio elektrik kerja jantung kalsium menggantikan sodium sebagai mineral yang memecahkan sel dan menimbun energi potensial.

Secara kimia kalsium dapat mengikat dengan unsur atom lainnya dan membentuk senyawa-senyawa yang juga banyak berperan dalam kesehatan manusia. Kalsium karbonat, kalsium sitrat dan kalsium fosfat contoh dari beberapa senyawa yang dihasilkan pengikatan kalsium dengan mineral atau unsur atom lainnya. Selain contoh-contoh tersebut juga banyak senyawa kalsium yang dipergunakan dalam dunia industri, namun untuk mempersempit pengenalan kita, sebaiknya kita mengambil sisi kalsium yang berkaitan dengan nutrisi.

Tubuh manusia tidak bisa begitu saja menyerap kalsium dalam bentuk aslinya. Kita memerlukan vitamin D dalam proses absorpsi kalsium dimana vitamin D mengubah unsur mineral kalsium tersebut menjadi beberapa bentuk senyawa yang kemudian dipergunakan dalam berbagai proses metabolisme dan disimpan dalam jaringan sel tulang serta gigi. Hubungan ini menjadikan kalsium dan vitamin D bagi manusia serta hewan pada umumnya diperlukan bersamaan. Kekurangan salah satu bagian bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya.

Sumber Kalsium

Untuk menjaga asupan yang tepat dalam pola makan sehari-hari kita perlu mengenal juga berbagai jenis makanan yang menjadi sumber kalsium alami. Berbagai jenis sayur mayur serta buah-buahan kaya akan kalsium. Daging, telur dan susu juga merupakan sumber-sumber yang sangat baik untuk memperoleh kecukupan kalsium.

Untuk lebih jelasnya berbagai sumber-sumber kalsium bisa dijabarkan sebagai berikut :

  • Produk susu dan olahannya : Susu/keju menjadi salah satu sumber terbaik untuk memperoleh kecukupan kalsium
  • Rumput laut
  • Kacang-kacangan
  • Kedelai
  • Kacang okra
  • Brokoli
  • Bayam
  • Ikan asin
  • Bandeng presto
  • Kerang
  • Ikan sarden
  • Tahu / tempe
  • Jus jeruk
  • Susu kacang
  • Cereal
  • Roti

Secara ekstrim, cangkang telur yang ditumbuk halus dan kemudian diminum bersama air putih atau dicampurkan sebagai bahan makanan juga menjadi sumber kalsium yang sangat baik.

Bagi sebagian orang yang tidak dapat mengkonsumsi produk olahan susu karena alergi ataupun intoleran laktosa ( kandungan terbesar dari susu ) menyebabkan mereka rentan kekurangan akan kalsium. Untuk mengatasi keadaan ini, suplemen vitamin dan mineral yang mengandung kalsium sangat dianjurkan untuk menjaga kecukupan kalsium dalam tubuh.

Manfaat Kalsium

Secara umum manfaat kalsium tetap sebagai pembentuk, pemelihara dan merawat tulang dan gigi. Keseluruhan proses tersebut berlanjut secara konstan karena tulang adalah jaringan aktif. Secara berkesinambungan, tubuh akan mempergunakan cadangan kalsium dalam tulang dan sebaliknya menyimpan kelebihan kalsium untuk dipergunakan bila mana dibutuhkan. Karena itulah apabila kita berada dalam kondisi kekurangan kalsium akibat satu atau lain hal dan berlangsung berkepanjangan, tulang dan gigi kita akan menjadi rapuh karena secara sistematis tubuh akan mengambil kalsium dari tulang serta gigi untuk menutupi kekurangan tersebut. Dalam jangka panjang proses ini akan menyebabkan osteoporosis dan osteomalacia ( kondisi tulang menjadi lunak disertai rasa nyeri ).

Seperti yang sudah disebutkan, 1% dari kalsium tubuh akan menyebar dan menjalankan fungsi lain. Kalsium dalam jaringan otot berguna untuk melancarkan proses kontraksi otot. Kalsium juga dibutuhkan dalam sistem transmisi neuron saraf. Begitu juga dengan sistem pompa jantung via bio elektrik membutuhkan kalsium dalam prosesnya.

Bersama dengan vitamin D, kalsium digunakan dalam berbagai keperluan medis untuk menangani beberapa gangguan berikut ini :

  • Pengobatan dan pencegahan osteoporosis dan osteomalacia
  • Memperingan gejala pre menstruasi sindrom
  • Tekanan darah tinggi dan kram pada saat melahirkan
  • Mengurangi resiko kanker rectum dan prostat
  • Komplikasi pasca pembedahan
  • Kolesterol tinggi
  • Menurunkan kadar fosfat bagi penderita gangguan ginjal
  • Membantu proses penurunan berat badan
  • Mencegah stroke pada wanita
  • Mencegah gigi copot pada manula.

Kekurangan Kalsium

Dalam kondisi normal, tubuh membutuhkan asupan kalsium sebesar 900-1200 mg per hari dan tubuh hanya bisa memproses 30% kalsium dari produk olahan susu atau sekitar 20% kalsium dari jenis makanan lainnya, terutama sayuran. Bagi anak yang sedang menapaki masa pertumbuhannya, tambahan 400 mg kalsium sangat disarankan sebagai tambahan kalsium yang diperlukan tubuh dalam membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Dampak yang paling umum dari kekurangan kalsium dalam tubuh adalah gejala osteoporosis. Rasa sakit pada tulang, terutama pada susunan tulang belakang, gigi rapuh, pembekokan tulang dan rasa nyeri pada jaringan tulang dan sendi. Pada masa pertumbuhan, tepatnya kisaran umur 10-15 tahun, manusia sangat membutuhkan kalsium. Kekurangan memenuhi angka kecukupan kalsium akan berdampak langsung misalnya tinggi yang kurang, tulang tengkorak yang kurang kuat, gigi yang mudah tanggal atau rusak atau dampak jangka panjang seperti terjadinya osteoporosis tadi.

Beberapa kondisi seperti wanita hamil dan menyusui juga perlu mendapatkan asupan kalsium yang tinggi dikarenakan selama proses kehamilan, janin mengambil kalsium langsung dari cadangan kalsium tubuh calon ibu. Ini juga yang menjadi alasan bahwa 80% penderita osteoporosis adalah wanita dan untuk mengatasi hal tersebut, suplemen kalsium sangat diperlukan bagi wanita hamil dan menyusui pada umumnya.

Kelebihan Kalsium

Berlebihnya asupan kalsium dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang dikenal sebagai hiperkalsemia yang dapat menyebabkan gangguan kencing batu, gangguan vascular dan jaringan lunak. Selain itu, tingginya kadar kalsium dapat menyebabkan kesulitan buang air besar atau konstipasi.

Diduga, dengan berlebihnya kadar kalsium yang diserap oleh tubuh, bisa menyebabkan gangguan pada sistem penyerapan zat besi dan seng secara normal dimana kita tahu bahwa tubuh juga sangat membutuhkan kecukupan zat besi sebagai salah satu komponen penting pembentukan sel darah merah, misalnya.

Gangguan kesehatan akbiat kelebihan kalsium yang sering terjadi umumnya karena konsumsi suplemen dosis tinggi kalsium sebab secara normal tubuh sulit mengalami kondisi hiper kalsium hanya dari pola makannya. Keracunan kalsium lebih sering terjadi akibat interaksinya dengan jenis pengobatan lain. Untuk itu, sangat disarankan sebelum mengambil dosis kalsium tertentu lewat suplemen, diskusikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan dan apabila hendak menjalani pengobatan tertentu, beritahukan bahwa kita sedang meminum suplemen yang mengandung kalsium tinggi sehingga interaksi yang yang terjadi tidak saling merugikan.


Sebagai salah satu zat mineral yang penting bagi tubuh, kalsium perlu kita kenal dan pelajari lebih lanjut. Melalui pengenalan kalsium diharapkan pembaca dapat mengambil kesimpulan betapa pentingnya kalsium dalam berbagai proses metabolisme tubuh, terutama bagi tulang dan gigi.

Karena manfaat kalsium yang demikian besar bagi kesehatan manusia, kita perlu juga mengenal lebih jauh berbagai sumber-sumber kalsium alami yang bisa kita konsumsi dalam bahan makanan sehari-hari dan mendapatkan perhatian lebih agar kita bisa terhindar dari defisiensi atau kekurangan kalsium dan juga menghindari kerugian akibat keracunan kalsium. Karena kalsium mudah berinteraksi dengan unsur lain, disarankan juga agar kita mendapat pengawasan ahli saat mempergunakan kalsium dengan jenis pengobatan lain.

Penulis : HEF (dari berbagai sumber)


Incoming search terms:

  • mineral kalsium
  • mineral yang mengandung kalsium
  • sumber mineral

Comments

comments