Purwaceng atau purwoceng merupakan tanaman khas pegunungan Dieng yang terkenal khasiatnya untuk meningkatkan kejantanan. Tanaman yang hampir punah ini memiliki nama latin Pimpinella pruatjan yang kemudian dievaluasi menjadi Pimpinella alpina karena menurut sejarah modern pertama kali ditemukan di pegunungan alpen. Secara fisik purwaceng merupakan tanaman semak kecil yang merambat di permukaan tanah yang teridiri atas akar, batang, bunga, daun kecil dan buah.

Kandungan Purwaceng

PurwocengBeberapa penelitian telah menyelidiki kandungan fitokimia pada purwaceng. Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa purwaceng mengandung bergapten, isobergapten, dan sphondin yang semuanya termasuk ke dalam kelompok furanokumarin. Selain itu ada pula senyawa lain seperti kumarin, saponin, sterol, alkaloid, beberapa macam senyawa gula (oligosakarida), stigmasterol dalam akar purwoceng berdasarkan, bergapten, marmesin, 4-hidroksi kumarin, umbeliferon, dan psoralen.

Khasiat dan Manfaat Purwaceng

Khasiat utama puraceng adalah sebagai zat yang dapat meningkatkan kejantanan atau vitalitas pria. Menurut beberapa penelitian pada tikus menunjukan bahwa pemberian ekstrak purwaceng pada tikus jantan meningkatkan efek androgenik meliputi peningkatan kelenjar prostat dan seminalis serta peningkatan produksi sperma pada testis.

Purwaceng dapat meningkatkan hormon pria yaitu LH (Luteinizing hormone) dan testosteron.purwaceng juga mengandung senyawa kumarin yang berperan sebagai anti bakteri, jamur dan kanker. Manfaat lain purwaceng adalah diuretik (melancarkan saluran air seni), dan tonik (mampu meningkatkan stamina tubuh)

Bagian Purwaceng Yang Bermanfaat

Bagian yang paling bermanfaat purwaceng adalah akarnya. Akarnya paling banyak mengandung zat aktif. Akar purwaceng menyerupai wortel dan berwarna putih dengan panjangnya sekitar 10 cm.

Efek Samping Purwaceng

Purwaceng pada umumnya aman untuk dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah wajar. Sedangkan efek sampingnya belum diketahui sampai sekarang. Namun, jika mengalami gejala efek samping setelah mengkonsumsinya, maka disarankan untuk segera menghentikan pengggunaan kemudian berkonsultasi dengan dokter.

Dosis  dan Cara Menggunakan Purwaceng

Purwaceng belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun purwaceng merupakan tanaman herbal dan alami. Purwaceng tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Purwaceng dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dijus, atau diseduh.


Incoming search terms:

  • Khasiat purwaceng
  • purwaceng
  • manfaat purwoceng
  • purwaceng adalah
  • khasiat purwoceng
  • fungsi purwaceng
  • tanaman purwoceng

Comments

comments