Pohon pinang (Areca catechu) adalah pohon tropis yang banyak dibudidayakan di daerah tropis India, Bangladesh, Jepang, Sri Lanka, China selatan, Hindia Timur, Filipina, dan sebagian Afrika. Pohon pinang memiliki batang yang lurus dengan ketinggian 15-20 meter dan diameter pohon sekitar 18 cm. Pinang lebih populer sebagai salah satu bahan utama untuk mengunyah sirih. Pada abad ke-1 Masehi, tulisan medis Sansekerta mengklaim bahwa sirih memiliki 13 kualitas surga. Hal ini karena pinang memiliki rasa pedas, pahit, manis, asin, dan astringent. Menurut kepercayaan piang dapat mengusir angin, membunuh cacing, menghilangkan dahak, menghilangkan bau mulut, memperindah mulut, dan dikatakan menyalakan gairah.

Kandungan Nutrisi Pinang

Biji buah pinang mengandung alkaloid, seperti arekolin (C8 H13 NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine, tanin terkondensasi, tannin terhidrolisis, flavan, Senyawa fenolik, asam galat, getah, lignin, minyak atsiri dan garam. menyebutkan bahwa biji buah pinang mengandung proantosianidin, yaitu suatu tannin terkondensasi Yang termasuk golongan flavonoid jantung.

Khasiat dan Manfaat Pinang

pohon pinangKhasiat dan manfaat buah pinang sering belum benar-benar teruji pada manusia. Selain itu keamanan dan efektivitas tidak selalu terbukti. Beberapa manfaat yang diklaim adalah meningkatkan stamina pria (afrodisiak), perangsang nafsu makan, asma, kebutaan akibat keracunan metanol, batuk, dermatitis (digunakan pada kulit), bantuan pencernaan, difteri, diuretik, menyembuhkan infeksi telinga, glaukoma, mencegah impotensi, cacingan, sakit sendi/pembengkakan, kusta, stimulan pernapasan, dan sakit gigi.

Telah dilaporkan bahwa ekstrak pinang memberikan sebuah efek antimikroba langsung terhadap bakteri mulut, termasuk Streptococcus mutans, Streptococcus salivarius, Candida albicans dan Fusiform nucleatum. Asam tanat yang terdapat pada pinang pada konsentrasi bervariasi 1,8-18 mg/ml menghambat pertumbuhan E. corrodens, prophyromonas gingivalis, C. rektus dannucleatum. Sedangkan proantosianidin mempunyai efek antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, anti-inflamasi, anti-alergi, dan vasodilatasi.penelitian dalam bidang kedokteran gigi menunjukan efek positif mengunyah sisrih untuk kekuatan gigi.

Bagian Pinang Yang Bermanfaat

buah pinangBagian yang bermanfaat dari pinang adalah biji atau kacangnya. Bijinya sekitar 2,5 cm dan dapat digunakan dalam keadaan segar, kering, direbus, atau dipanggang. Biji pinang lebih populer digunakan sebagai campuran untuk “nyirih” yang terdiri atas buah pinang, tembakau, dan kapur yang dibungkus dalam daun dari sirih.

Efek Samping Pinang

Konsumsi buah pinang telah dikaitkan dengan perkembangan obesitas dan hiperglikemia pada tikus, dan diabetes tipe 2 pada manusia. Studi prevalensi berbasis populasi yang besar secara konsisten menunjukkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular antara pengunyah sirih. Hypertriacylglycerol telah menunjukkan hubungan statistik terkuat dengan konsumsi buah pinang, namun hipertensi dan hiperglikemia juga mempengaruhi terjadinya penyakit kardiovaskular pada penelitian tersebut. Interferensi dengan vitamin D dan metabolisme homosistein, faktor yang terkait dengan penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolik juga telah ditunjukkan. Semua penyebab kematian juga telah ditemukan lebih tinggi di antara penyirih.

Peningkatan risiko ulkus peptikum telah dilaporkan pada kasus lama yang menunjukkan memburuknya bronkokonstriksi dan berkurang volume ekspirasi paksa pada detik pertama ekspirasi pada penderita asma yang mengunyah sirih.

Dosis  dan Cara Menggunakan Pinang

Buah pinang belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun buah pinang merupakan tanaman herbal dan alami. Buah pinang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Buah pinang dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dijus atau dibuat sirup. Selain itu, saat ini buah pinang sudah diekstrak dalam bentuk bubuk atau kapsul. Sedangkan untuk kesehatan gigi dan mulut dapat digunakan dengan menyirihnya. Namun, pertimbangkan pula efek samping dari menyirih.




Comments

comments