Pasak Bumi atau Tongkat Ali memiliki nama latin Eurycoma longifolia adalah tanaman yang sejak dahulu dikenal sebagai obat kejantanan pada pria karena mampu meningkatkan hormon testosteron. Pasak bumi populer di daerah Asia Tenggara, India dan Cina, serta biasa hidup di daerah tropis.

Kandungan Nutrisi Pasak Bumi

tongkat ali - pasak bumiPasak bumi sebagian besar berbasis struktur triterpenoid ‘quassinoid’, dengan yang paling utama dikenal sebagai euricomanone (biasanya rata-rata sebesar 1,6% berat kering konten) dan euricomanol. Bioaktif lainnya termasuk kelas canthin-6-one dan mungkin euripeptida yang berfungsi untuk seksualitas. Zat lainnya adalah eurylene dan teurilene, senyawa tirucallanoid dan glicosaponin.

Khasiat dan Manfaat Pasak Bumi

Dalam berbagai studi, pasak bumi memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Afrodisiak (meningkatkan kejantanan): pasak bumi sebagai afrodisiak merupakan fungsi tradisionalnya. Pasak bumi mengandung glikoprotein bertanggung jawab atas efek pro-afrodisiak dan zat euripeptida yang berkontribusi dengan meningkatkan testosteron. Namun, fungsi pasak bumi ini belum konsisten terhadap berbagai uji di laboratorium. Selain itu mekanisme bagaimana pasak bumi dapat meningkatkan kejantanan pria juga belum diketahui.
  2. Anti-hiperglikemik: Glukosa darah menurun pada tikus percobaan dewasa hiperglikemik streptozotocin-diinduksi setelah pengobatan 150 mg / kg berat badan menggunakan ekstrak air E. longifolia. Kadar glukosa darah menurun 38% (p <0,05) dan 47% (p <0,001) untuk 2 ekstrak yang berbeda.
  3. Mengurangi stress: Suplementasi pasak bumi pada orang yang mengalami stress dapat menurunkan persepsi subjektif stress. Penelitian lain menunjukan bahwa pasak bumi menurunkan kadar hormon stress yaitu kortisol sebanyak 16%.
  4. Anti-kanker: pasak bumi dapat menghambat proliferasi sel kanker payudara MCF-7 dengan cara mengurangi kadar estrogen agar tidak berlebihan.
  5. Fungsi lain: obat anti malaria, anti bakteri, mengobati flu, mengobati sakit perut, meningkatkan kesehatan dan sebagainya.

Bagian Pasak Bumi Yang Bermanfaat

Bagian yang bermanfaat dari pasak bumi adalah akarnya. Akar pasak bumi dapat ditemui dalam bentuk kering, pil, serbuk dan lainnya.

Efek Samping Pasak Bumi

Pasak bumi hampir tidak akan mengakibatkan efek samping jika dikonsumsi dalam dosis aman. Namun perlu diketahui bahwa pasak bumi tidak cocok digunakan oleh wanita hamil dan menyusui. Walaupun dampak bagi wanita hamil dan menyusui belum diketahui secara pasti, ada baiknya jika konsultasikan dulu dengan dokter ketika akan mengkonsumsinya.

Dosis  dan Cara Menggunakan Pasak Bumi

Dosis standar ekstrak pasak bumi adalah 20-30 gram akar kering. Untuk konsentrat atau ekstraknya dosisnya adalah 200-300mg dari 100: 1 ekstra. Namun, tidak diketahui apakah dosis tersebut dosisi optimal atau bukan. Pasak bumi dapat diolah dengan cara digodog, diseduh, serbuknya dicampur dengan madu dan lain sebagainya.




Incoming search terms:

  • efek samping pasak bumi
  • akar pasak bumi untuk kejantanan pria
  • khasiat pasak bumi

Comments

comments