Mengkudu sejak lama dikenal sebagai obat rakyat. Mengkudu memiliki sejarah berabad-abad digunakan sebagai obat gosok atau komoditas kayu yang dimanfaatkan oleh penduduk asli di Pasifik pan-tropis. Buah yang memiliki nama Morinda citrifolia L memiliki sejarah sukses di jaman modern sebagai komoditas herbal yang sangat laku dan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Mengkudu tumbuh terutama di daerah tropis Malaysia, Polinesia Prancis dan Hawaii.

Kandungan Nutrisi Mengkudu

Menurut laporan College of Tropical Agriculture, University of Hawaii di Manoa, bubuk bubur mengkudu mengandung sumber karbohidrat dan serat makanan serta protein yang baik. Sedangkan mikronutrien yang terdapat pada mengkudu meliputi vitamin C (10x AKG) dan sejumlah besar niacin (vitamin B3), besi, kalium, vitamin A, kalsium dan natrium juga

Khasiat dan Manfaat Mengkudu

Berikut ini khasiat dan manfaat Mengkudu:

  1. Analgesik
    Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkudu mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan obat tramadol dan hidrokortison, sehingga efektif untuk nyeri sendi rematik dan lainnya.
  2. Penguat sistem immune
    Mengkudu mengaktifkan makrofag dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang kemudian menghasilkan lebih banyak limfosit. mengkudu juga mengandung zat antibakteri yang melawan bakteri menular, termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.
  3. Antidepresan / sedatif
    Mengkudu merangsang seratonin dan melatonin, dua hormon yang sangat penting. Seratonin mempengaruhi suasana hati, emosi, dan tidur. Ketidakseimbangan dalam kadar serotonin dapat menyebabkan depresi. Melatonin mengatur ritme jantung, yang membantu tidur, membantu mendapatkan istirahat malam yang baik,dan meningkatkan mood.
  4. Perawatan Kulit / rambut
    Mengkudu berguna membuat kulit awet muda dan memperbaiki kondisi kulit seperti eksim dan kurap. Mengkudu juga dapat mengkilaukan rambut.
  5. Anti-tumor / anti kanker
    Mengkudu merangsang produksi nitrat oksida. Nitrat oksida adalah zat yang sangat berguna, salah satunya adalah mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replikasi sel kanker. Mengkudu juga mengandung zat yang kaya polisakarida yang berfungsi sebagai imunomodulator yang membantu melawan kanker. Mengkudu juga kaya akan antioksidan yang membantu mencegah kanker. Dalam kasus kanker yang sudah ada, mengkudu dan tanaman lainnya yang mengandung antioksidan tinggi akan memperlambat, menghentikan, atau benar-benar membalikkan proses kanker.
  6. Hipertensi
    Mengkudu yang tinggi fitonutrien, selenium, dan vitamin C dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada dinding pembuluh darah. Skopoletin adalah senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah dan bersifat basa sehingga mencegah tubuh menjadi terlalu asam sehingga mencegah perkembangan radikal bebas. Mengkudu juga memiliki proxeronine, yang diperlukan tubuh untuk memproduksi xeronine. Xeronine membantu mengkoordinasikan sel untuk bekerja harmonis, menurunkan stres dan pada akhirnya tekanan darah. selain itu juga, memiliki asam amino, triptofan. Ketika triptofan memasuki aliran darah dan masuk ke sel, membantu memproduksi zat lain yang penting, seperti lebih seratonin, yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah dengan cara efek relaksasi.
  7. Kolesterol
    Mengkudu mencegah penyerapan kolesterol jahat LDL, sehingga mengurangi plak di arteri, menjaga tetap sehat dan hidup lebih lama.
  8. Memori
    Mengkudu, seperti yang disebutkan sebelumnya, mencegah penyerapan kolesterol karena mengkudu sendiri mengandung banyak pitosterol. Ini secara langsung membantu otak tetap sehat, dan plak lemak tidak mennyumbat pada arteri menuju otak sehingga sirkulasi zat gizi dan oksigen lancar.
  9. Irritable Bowel Syndrome / sembelit
    Mengkudu tinggi serat larut air yang membantu meringankan ketegangan pada usus dan melunakkan tinja. Juga memiliki vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga usus sehat.
  10. Anti-bakteri / anti-jamur / antivirus
    Mengkudu memiliki sifat untuk melawan infeksi sebanding dengan obat. Mengkudu mengandung antrakuinon, skopoletin, dan terpene, yangmana semua bekerja sama untuk melawan penyakit.

Bagian Mengkudu yang Bermanfaat

Bagian yang bermanfaat dari mengkudu adalah buah dan daunnya. Namun, buah mengkudu lebih populer penggunaanya.

Efek Samping Mengkudu

buah mengkuduMengkudu ketika buah ini dikonsumsi sebagai makanan. Namun, ada kekhawatiran bahwa mengkonsumsi mengkudu secara berlebihan mungkin tidak aman. Teh atau jus mengkudu dapat menyebabkan kerusakan hati pada beberapa orang. Ada beberapa laporan tentang kerusakan hati pada orang yang minum teh atau jus mengkudu selama beberapa minggu. Namun, tidak diketahui pasti apakah mengkudu adalah penyebabnya. Selain itu pada kelompok khusus, konsumsi mengkudu harus dibatasi karena potensial menyebabkan dampak negatif.

  • Kehamilan dan menyusui: Secara historis, mengkudu telah digunakan untuk menyebabkan aborsi. Hal ini juga yang terbaik untuk menghindari mengkudu jika menyusui. Tidak cukup diketahui tentang keamanan mengambil mengkudu selama menyusui.
  • Individu demgan tingkat kalium darah yang tinggi: Minum jus buah mengkudu dapat meningkatkan kadar kalium dan membuatnya bahkan lebih tinggi pada orang yang sudah terlalu banyak kalium dalam tubuh mereka.
  • Penyakit ginjal: mengkudu dapat meningkatkan kalium pada oang yang mengalami penyakit ginjal sehingga membebani kerja ginjal.

Dosis  dan Cara Menggunakan Mengkudu

Dosis yang tepat dari mengkudu tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran yang tepat atas dosis untuk mengkudu. Perlu diketahui bahwa produk alami tidak selalu harus aman dan dosis dapat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan berkonsultasi apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

Mengkudu tersedia dalam bentuk pil, cair, bubuk, teh ataupun buah segar. Untuk buah segar, mengkudu dapat dikonsumsi sebagai bahan rujak, jus, dan makanan lainnya. Hanya menggosok beberapa jus pada kulit yang terkena / kulit kepala, biarkan selama 15 menit, bilas. Menelan jus dapat membantu kuku Anda tumbuh lebih kuat.


Incoming search terms:

  • bahaya buah mengkudu
  • Efek samping mengkudu
  • efek samping buah mengkudu

Comments

comments