Lempuyang atau Zingiber zerumbet adalah tanaman herbal yang tumbuh sekitar 2,1 m, dengan daun panjang dan sempit. Pada pertengahan hingga akhir musim panas, batang terpisah tumbuh dari tanah berbentuk kerucut hijau yang menyerupai buah pinus. Kerucut hijau berubah merah selama beberapa minggu dan bunga krem kemudian kuning kecil di kerucut.

Kandungan Nutrisi Lempuyang

lempuyangBerbagai laporan telah dipublikasikan mengenai isi fitokimia dari rimpang lempuyang. Upaya untuk mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa bioaktif dari rimpang sudah dimulai sejak 1944 dengan identifikasi humulene, monoterpen, dan zerumbon (2,6,10-cycloundecatrien-1-satu, 2,6,9 , 9-tetrametil -, (E, E, E) -) dari minyak esensialnya.

Penelitian selanjutnya menunjukan bahwa terdapat turunan oksigen baru humulene (humulene monoksida dan dioksida humulene) dan minyak esensialnya mengandung α-pinene, β-pinene, 3-carene, kamper, β-caryophyllene, ar-curcumene, zerumbon, humulene oksida, dioksida humulene, linalool, borneol, α-terpineol, keton sesquiterpene tak dikenal dan seskuiterpen alkohol. Kemudian dilaporkan proporsi yang tinggi (Z) -nerolidol (22-36%) dalam ekstrak batang, daun, dan bunga, tapi tidak pada rimpang, dan menemukan zerumbon mendominasi dalam daun.

Penyelidikan fitokimia lanjut menunjukkan adanya seskuiterpenoid, flavonoid, senyawa aromatik (misalnya, Hydroxybenzaldehyde), vanili dan turunannya kaempferol di bagian rimpang. Fraksi etil asetat dari minyak essensial rimpang telah dilaporkan mengandung kaempferol-3-O-rhamnoside, kaempferol-3-O (2 “- atau 3 “-acetyl) rhamnoside, kaempferol-3-O (4 “-acetyl) rhamnoside, kaempferol-3-O (3 “, 4”-diacetyl) rhamnoside dan kaempferol-3-O (2 “, 4”-diacetyl) rhamnoside. Skrining fitokimia terhadap ekstrak air RZZ (AEZZ) dilaporkan mengandung fenolik, saponin, dan terpenoid

Khasiat dan Manfaat Lempuyang

Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat lempuyang, diantaranya;

  • Antipiretik / analgesik: Studi menunjukkan etanol dan ekstrak rimpang untuk memiliki kegiatan analgesik dan antipiretik mungkin melalui penghambatan prostaglandin.
  • Anti-inflamasi / antinociceptive: Studi ekstrak metanol rimpang menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dan antinociceptive mungkin melibatkan penghambatan bradykinin-, prostaglandin-, histamine- dan proses dimediasi opioid. Studi ekstrak rimpang yang larut dalam air menghasilkan inhibitor ampuh pada peradangan akut. Ekstrak itu tanpa toksisitas apapun hingga 500 mg/kg pada tikus. Efek anti-inflamasi mirip dengan asam mefanamic obat referensi.
  • Inhibitor Promotor Tumor: Studi zat zerumbon terisolasi dari sebagai inhibitor ampuh promotor tumor 12-O-tetradecanoylphorbol-13-asetat-induced aktivasi Epstein-Barr virus.
  • Anti-tumor: zerumbon menunjukkan efek antitumor pada sel P-388D1 in vitro dan in vivo: Hasil menunjukkan senyawa potensial untuk pengembangan obat antikanker.
  • Immunomodulation: Kegiatan Anti-hipersensitif dan anti-inflamasi ekstrak air Lempuyang menunjukkan dapat bermanfaat bagi pasien asma melalui immunomodulation dan produksi sitokin. Hasil penelitian menunjukkan zerumbon dapat digunakan sebagai agen imunomodulator yang dapat bereaksi terhadap produksi sitokin sel kekebalan dalam pola tergantung dosis.
  • Antiproliferasi: Sebuah studi menunjukkan ekstrak dan fraksi lempuyang menunjukkan efek antiproliferatif pada baris sel karsinoma payudara manusia.
  • Anti-Asma / Antiinflammatory: Sebuah studi menunjukkan ekstrak lempuyang memiliki efek menguntungkan untuk pengobatan pasien asma melalui kemampuannya untuk menghambat sintesis LTC4 dan melalui immunomodulation Th1 / Th2 produksi sitokin.
  • Manfaat lain: obat cacing, anti mikroba, anti ketombe, menghaluskan kulit dan lain sebagainya.

Bagian Lempuyang Yang Bermanfaat

Bagian daun, bunga dan batang serta rimpang lempunyang memiliki zat kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. namun, penelitian menunjukan bagian rimpang lempuyang lebih efektif dalam mengobati berbagai masalah kesehatan.

Efek Samping Lempuyang

Lempuyang pada umumnya aman untuk dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah wajar. Sedangkan efek sampingnya belum diketahui sampai sekarang. Namun, jika mengalami gejala efek samping setelah mengkonsumsinya, maka disarankan untuk segera menghentikan pengggunaan kemudian berkonsultasi dengan dokter.

Dosis  dan Cara Menggunakan Lempuyang

Lempuyang belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun lempuyang merupakan tanaman herbal dan alami. Lempuyang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Lempuyang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dijus, diparut, atau diseduh.


Incoming search terms:

  • manfaat lempuyang
  • Khasiat lempuyang
  • lempuyang
  • kandungan lempuyang
  • kasiat lempuyang

Comments

comments