Orthosiphon stamineus atau kumis kucing merupakan tumbuhan kelas Laminaceae yang memiliki rata-rata tinggi 1 meter. Kumis kucing banyak tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara dan Eropa. Daun kumis dan bunga kumis kucing biasa disajikan sebagai herbal dalam bentuk teh dimana daun dan bunga tersebut dikeringkan lalu diseduh. Teh bunga dan daun kumis kucing disebut juga dengan teh jawa.

Kandungan Nutrisi Kumis Kucing

Kumis kucing (daun dan bunga) mengandung zat bioaktif organik yaitu b-caryophyllene, belemene, humulene, b-bourbonene, 1-octen-3-ol and caryophyllene oxide yangbermanfaat bagi tubuh. Selain itu juga mengandung banyak kalium, dan antioksidan flavonoid lipofilik.

Khasiat dan Manfaat Kumis Kucing

Manfaat daun dan bunga kumis kucing diantaranya:

  1. Obat untuk batu ginjal dan asam urat: Beberapa penelitian memberikan bukti ilmiah untuk penggunaan kumis kucing dalam pengobatan batu ginjal dan asam urat. Kumis kucing tampaknya meningkatkan aktivitas adenosin yaitu sebuah reseptor antagonis yang dapat merangsang ginjal untuk mengalirkan lebih banyak urin dengan demikian terjadi ekskresi natrium dan ion lainnya. Selain itu dengan banyak dan cepatnya aliran urin dapat menghancurkan batu ginjal yang telah terbentuk. Demikian pula, penelitian lain melaporkan bahwa kumis kucing juga mengurangi kadar asam urat pada hewan pengerat yang merupakan salah satu zat pembentuk batu ginjal.
  2. Agen anti-inflamasi dan analgesik: penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengalami edema pada kaki belakngnya menunjukan bahwa kumis kucing dapat menurunkan rasa nyeri dan mengurangi edema secara signifikan setelah 3-5 jam dikonsumsi. O.
  3. Anti-mikroba: sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak kumis kucing dap[at membunuh bakteri yang ditularkan melalui makanan yaitu bakteri Vibrio parahaemolyticus dan Streptococcus mutans.
  4. Agen hepatoprotektif: sebuah penelitian pada tikus menunjukan bahwa pemberian 100 mg kumis kucing dapat menurunkan kadar bilirubin pada tikus yang memiliki penyakit kuning.
  5. Agen hipoglikemik: menurunkan kadar glukosa plasma dan memperbaiki profil lipid penderita diabetes.
  6. Menyeimbangkan tingkat nitrat oksida: Oksida nitrat (NO) merupakan molekul penting yang memberi sinyal pada pembuluh darah untuk relaksasi dan bertindak dalam banyak jaringan untuk mengontrol beragam fungsi fisiologis. Ketika sel-sel tertentu yang diaktifkan oleh agen proinflamasi tertentu seperti endotoksin, Tumor Necrosis Factor (TNF), Interferon-Gamma (IFNg), dan interleukin-1 (IL-1), NO diproduksi dan melindungi individu dengan merusak DNA patogen. Jumlah yang seimbang oksida nitrat sangat penting untuk kesehatan yang optimal karena produksi b NO erlebihan yang dapat terjadi selama proses inflamasi dapat memiliki efek merugikan pada banyak sistem organ tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan . Oleh karena itu, menghambat akumulasi NO oleh rangsangan inflamasi dapat memberi manfaat secara keseluruhan.

Bagian Kumis Kucing Yang Bermanfaat

kumis kucingSemua bagian tumbuhan kumis kucing dapat dimanfaatkan sebagai herbal kecuali akarnya. Batang dan daunnya lebih baik dipanen ketika sebelum berbunga. Bunga kumis kucing ada dua jenis yaitu ungu dan putih.
Efek Samping Kumis Kucing

Kumis kucing tidak membahayakan jika tidak dkonsumsi secara berlebihan dan terus menerus. Konsumsi yang berlebihan dan terus menerus dapat menyebabkan penurunan tekanan darah hingga hepatitis. Penggunaan daun kumis kucing sebagai diuresis tidak direkomendasikan pada individu dengan edema karena akan menyebabkan beratnya kerja jantung dan ginjal akibat kandungan potasium.

Dosis  dan Cara Menggunakan Kumis Kucing

Tidak ada informasi yang cukup untuk mendapatkan dosis yang ideal. Bahkan pada dosis 5-10 kali yang lebih tinggi dari jumlah umum konsumsi sebagia herbal pun tidak menunjukan efek racun. Namun, Menurut sebuah penelitian dosisnya sekitar 4 gram – 8 gram. Kumis kucing dan daunnya bisa dikeringakn dan dipakai sebagai teh dengan diseduh menggunakan air panas. Untuk efek diuretik, penggunaan daunnya saja tanpa bunga sudah cukup ampuh.


Incoming search terms:

  • efek samping kumis kucing

Comments

comments