Kemuning atau Murraya paniculata adalah tanaman yang populer sebagai tanaman hias di daerah minangkabau. Kemuning merupakan tumbuhan tropis yang memiliki tinggi sekitar 7 meter, daun menyerupai daun jeruk dan bunga yang menyerupai bunga melati. Kemuning juga memiliki banyak sinonim dalam bahasa latin diantaranya Murraya exotica L., Murraya banati Elm dan Chalas paniculata.

Kandungan Nutrisi Kemuning

bunga kemuningDaun kemuning menghasilkan 60 senyawa minyak atsiri dengan kandungan mencapai 0,01%, zat utama dalam minyak atsiri kemuning adalah cadinene dan seskuiterpen. Terdapat pula senyawa alkaloid tanin, glikosida jantung dan saponin. Selain itu kemuning juga mengandung flavonoid, alkaloid indol, kumarin. 8 jenis flavonoid sebagai antioksidan yaitu: GardenDi A, GardenDi C, E GardenDi, 5-O-desmethylnobiletin, umhengerin, 5,3 – dihidroksi-6,7,4’5 ‘- tetramethoxyflavone dan senyawa baru, 5 , 3 ‘, 5′-trihidroksi-6,7,4’-trimethoxyflavone. Sedangkan untuk kumarin terdapat 9 jenis, diantaranya 1 jenis yang khas pada kemuning yaitu pranferin.

Khasiat dan Manfaat Kemuning

Kemuning memiliki berbagai manfaat diantaranya:

  1. Mencegah terjadinya belkuan darah yang berbahaya: Studi terisolasi dua jenis kumarin yang terkandung dalam kemuning bermanfaat untuk mencegah terjadinya bekuan darah yang berbahaya
  2. Anti-amoebik: Aktivitas anti-amuba beberapa tanaman obat yang digunakan oleh pasien AIDS di Thailand menunjukan bahwa kemuning cukup aktif menghadapai Entamoeba histolytica.
  3. Insektisida: daun kemuning mengandung petroleum eter yang memiliki efek racun yang cukup kuat pada serangga.
  4. Anti-diabetes: Studi ekstrak etanol daun kemuning pada tikus diabetes yang diinduksi menunjukkan penurunan yang signifikan dari glukosa darah, kolesterol dan trigliserida darah.
  5. Anti-jamur: Studi menunjukkan aktivitas ekstrak kemuning terhadap C. albicans, C tropicalis dan C luteolus.
  6. Anti-bakteri: kemuning menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap E. coli, P. mirabilis, S. typhi, E. aerogenes, dan S. flexneri. Ekstrak etanol menunjukkan aktivitas antioksidan.
  7. Antioksidan: Hasil penelitian menunjukkan potensi antioksidan yang kuat dan sumber mudah diakses dari antioksidan alami atau suplemen makanan
  8. Manfaat lain: mengatasi rematik, nyeri haid, anti inflamasi, bronitis, infeksi kemih dan lain sebagainya.

Bagian Kemuning Yang Bermanfaat

Bagian yang bermanfaat pohon kemuning mulai dari akar, ranting, daun hingga bunga.

Efek Samping Kemuning

Kemuning pada umumnya aman untuk dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah wajar. Sedangkan efek sampingnya belum diketahui sampai sekarang.

Dosis  dan Cara Menggunakan Kemuning

Kemuning belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun kemuning merupakan tanaman herbal dan alami. Kemuning tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Cara mengkonsumsi tanaman kemuning bisa dengan cara direbus, bahan yang dikeringkan dapat diseduh seperti teh dan minyak essensialnya dapat dikonsumsi dengan cara diencerkan pada air hangat.


Incoming search terms:

  • manfaat daun kemuning
  • manfaat kemuning
  • Daun kemuning
  • pohon kemuning
  • kemuning
  • khasiat daun kemuning
  • khasiat kemuning
  • manfaat bunga kemuning

Comments

comments