Kemukus atau Piper cubeba merupakan herbal asli Indonesia yang digunakan di Cina kuno sebagai obat, dan ketika pedagang Arab membawanya ke Eropa Barat, itu menjadi berharga sebagai obat dan bumbu juga disana.

Kandungan Nutrisi Kemukus

kemukusKemukus mengandung hingga 10% minyak esensial yang terdiri dari monoterpen (sabinene 50%, Carene, α-thujene, 1,4-cineol dan 1,8-cineol) dan seskuiterpen (copaene, α- dan β-cubebene, δ- cadinene, caryophyllene, germacrene, cubebol). Monoterpen mendominasi massa kemukus, tetapi sesquiterpenes lah yang memberi citarasa dan bau khas. Kemukus memiliki rasa pedas yang disebabkan oleh lignan cubebin (2%) dan beberapa komponen terkait: hinokinin, clusin, dihydroclusin, dihydrocubebin dan banyak lagi. sedangkan dalam daun segar mengandung phenylpropanoids (Dilapiola, selanjutnya miristisin, elemicin) dan sejumlah kecil terpen (α-phellandrene).

Khasiat dan Manfaat Kemukus

Minyak esensial dari kemukus dapat membantu dalam membantu pengobatan untuk beberapa masalah saluran pernapasan seperti asma, bronkitis dan batuk. Selain itu minyak kemukus memiliki zat anti-bakteri yang dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah kesehatan mulut dan penyakit gigi serta membantu meringankan gangguan pencernaan dan mencegah mual. Minyak esensial kemukus juga dapat digunakan sebagai obat tetes hidung dan ditambahkan dalam parfum dan wewangian.

Bagian Kemukus Yang Bermanfaat

Bagain yang paling bermanfaat pada kemukus adalah bagian buahnya yang berukuran kecil. Bentuknya seperti lada hitam kering namun dengan tangkai yang masih menempel, memiliki warna coklat hingga hitam.

Efek Samping Kemukus

Kemukus tampaknya aman bagi kebanyakan orang, tetapi efek samping yang timbul mungkin belum diketahui. Dalam keadaan tertentu kemukus memiliki efek yang harus diwaspadai diantaranya:

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak cukup diketahui tentang dampak kemukus selama kehamilan dan menyusui. Tetap di sisi aman agar menghindari penggunaan.
  • Infeksi atau pembengkakan (inflamasi) dari lambung atau usus (saluran pencernaan, saluran pencernaan): kemukus dapat mengiritasi saluran pencernaan. Jangan gunakan jika memiliki perut atau masalah usus.

Dosis  dan Cara Menggunakan Kemukus

Kemukus belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun kemukus merupakan tanaman herbal dan alami. Kemukus tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kemukus dapat dikonsumsi dengan cara direbus, diseduh, atau bumbu makanan.




Incoming search terms:

  • manfaat kemukus

Comments

comments