Typhonium Flagelliforme (Lodd) adalah nama ilmiah untuk keladi tikus. Keladi Tikus adalah tanaman sejenis talas yang biasa hidup di tempat lembab namun tidak terkena sinar matahari langsung. Keladi tikus biasanyan tumbuh sekitar 25-30 cm dan memiliki daun seperti daun sirih. Keladi tikus bermanfaat sebagai tanaman hias dan tanaman herbal di Asia Timur dan Tenggara.

Kandungan Nutrisi Keladi Tikus

Alkaloid dan flavonoid adalah konstituen fitokimia utama pada keladi tikus. Fitokimia yang lain adalah asam lemak jenuh seperti metil ester dari asam linoleat, asam heksadekanoat, asam oktadekanoat, 9-Asam oktadekenoik dan, asam 9,12-oktadekadienoik. Selain itu, beberapa alifatik umum adalah sebagai dodekana, tridekana, tetradekana, Pentadekana, heksadekana,heptadekana, octadekana, nonadekana dan eikosan. enzim ekstraseluler juga terdapat dalam keladi tikus termasukperoksidase, lakase, tirosinase, reduktase, azo reduktase, dan riboflavin reduktase. Lainnya termasuk diterpen alkohol asiklik, fitol dan asam amino seperti arginin, triptofan, glikosida fenilpropanoid, sterol dan cerebrosida. Kandungan fitokimia terbanyak terdapat pada tanaman berusia 2 bulan hingga tiga bulan.

Khasiat dan Manfaat Keladi Tikus

  1. Anti-kanker, keladi tikus dapat mengjadi anti-kanker dengan berbagai cara, diantaranya:
    • Aksi antiproliferatif: Beberapa fraksi yang dari heksana dan diklorometana ditemukan menghambat pertumbuhan karsinoma sel paru-paru (NCI-H23)
    • Induksi Apoptosis: Disebabkan oleh fraksi asam linoleat yang memiliki efek anti-leukemia yang berharga dan mampumenghasilkan ciri-ciri morfologi yang khas dari kematian sel yangsesuai dengan apoptosis
  1. Anti-bakteri, kedua daun dan umbi keladi tikus memerankan aktivitas antibakteri. Ekstrak heksana menunjukkan aktivitas anti bakteri terhadap bakteri negatif baik gram, Pseudomonas aeruginosa  dan Salmonella Choleraesuis.
  1. Antioksidan, keladi tikus mengandung antioksidan seperti flavonoid yang berfungsi menangkap radikal bebas sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel, kerusakan genetik dan sebagainya.
  1. Manfaat lain. Beberapa manfaat keladi tikus adalah mengurangi frekuensi batuk, menghilangkan dahak, antiasthmatic, analgesia, anti-inflamasi dan obat penenang

Bagian Keladi Tikus Yang Bermanfaat

Bagian yang bermanfaat pada keladi tikus adalah umbi, akar dan daun. Namun, penggunaan daun lebih populer sebagai herbal. di pasaran kita dapat menemukan keladi tikus dalam bentuk segar, kering, kapsul, atau bahan campuran obat.

Efek Samping Keladi Tikus

Keladi tikus pada umumnya aman untuk dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah wajar.. Namun, dapat memiliki efek samping pada individu tertentu dapat menyebabkan alergi seperti timbul bercak pada kulit.

Dosis  dan Cara Menggunakan Keladi Tikus

Keladi tikus belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walalupun keladi tikus merupakan tanaman herbal dan alami. Keladi tikus tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Sementara itu, keladi tikus dapat dioleh dengan berbagai cara, yang paling baik adalah dengan meminum jus daun keladi tikus yang masih segar. Selain itu, keladi tikus dapat dikeringkan untuk teh, bahan ramuan/jamu dan lain sebagainya.

Cara membuat jus keladi tikus: Gunakan 50 gr tanaman untuk sekali pakai. Kemudian rendam tanaman dalam air selama sekitar 20-30 menit. Tumbuk keladi tikus lalu saring sarinya. Tamabahkan air dan madu bila diperlukan lalu minum 3 kali sehari. Jika muntah setelah asupan berkepanjangan, berhenti minum untuk sementara waktu atau mengurangi dosis.

 




Incoming search terms:

  • efek samping keladi tikus

Comments

comments