Jamblang adalah salah satu buah tropis pada pohon seperti cemara dan memiliki khasiat sebagai obat herbal. Jamblang yang memiliki nama latin Syzygium cumini dikenal juga dengan nama jambolan, jambul, indian blackberry dan java plum. Pohon Jambolan adalah memiliki kayu yang kokoh, daun kasar yang berbentuk elips, bunga berwarna putih kehijauan yang wangi serta buah lonjong dengan panjang 1,5-3,5 cm berwarna ungu gelap, lezat dan enak dimakan. Pohon jamblang tumbuh di daerah India, Untuk panjang dalam periode sejarah yang tercatat, pohon diketahui tumbuh di sub-benua India, Bangladesh, Burma, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, dan Indonesia.

Kandungan Nutrisi Jamblang

JamblangSeluruh bagian tumbuhan jamblang baik akar, batang, kulit batang, daun, bunga, buah dan minyak essensial mengandung senyawa yang bermanfaat. Jamblang kaya akan senyawa yang mengandung antosianin, glukosida, asam ellagik, Isoquersetin, kaemferol dan miresetin. Biji-biji jamblang diklaim mengandung alkaloid, jambosin, dan glikosida jambolin atau antimellin yang menghentikan konversi diastatik pati menjadi gula. Biji jamblang juga kaya akan flavonoid, antioksidan yang terkenal bertanggung jawab atas pemulungan radikal bebas dan efek perlindungan pada enzim antioksidan dan juga ditemukan memiliki jumlah fenolat tinggi dengan aktivitas antioksidan yang signifikan. Jamblang juga kaya akan zat gizi seperti protein, kalsium, gula, garam mineral, dan vitamin C.

NutrisiSatuanPer
100 g
1 Cangkir
135g
Buah 9g
Proximates
Waterg83.13112.237.48
Energykcal60815
Proteing0.720.970.06
Total lipid (fat)g0.230.310.02
Carbohydrate, by differenceg15.5621.011.40
Minerals
Calcium, Camg19262
Iron, Femg0.190.260.02
Magnesium, Mgmg15201
Phosphorus, Pmg17232
Potassium, Kmg791077
Sodium, Namg14191
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acidmg14.319.31.3
Thiaminmg0.0060.0080.001
Riboflavinmg0.0120.0160.001
Niacinmg0.2600.3510.023
Vitamin B-6mg0.0380.0510.003
Vitamin B-12µg0.000.000.00
Vitamin A, RAEµg000
Vitamin A, IUIU340
Lipids
Cholesterolmg000

Sumber: usda.gov

Khasiat dan Manfaat Jamblang

  1. Meningkatkan hemoglobin: jamblang mengandung zat besi dan vitamin C. Zat besi merupakan komponen pembentuk sel darah merah hemoglobin. Zat besi yang berasal dari nabati atau tumbuhan lebih sulit diserap tubuh dan dibentuk menjadi hemoglobin dibanding zat besi yang berasal dari hewani. Vitamin C berperan untuk membantu penyerapan zat besi dari sumber nabati agar lbih mudah dibentuk menjadi hemoglobin. Kandungan zat besi ini sangat bermanfaat bagi wanita yang menstruasi karena sata menstruasi wanita kehilangan banyak sel darah merah. Selain itu, remaja dan wanita usia subur juga sangat membutuhkan zat besi karena beresiko tinggi terkena anemia dan sebagai persiapan untuk kehamilan.
  2. Kesehatan jantung: 100 gram jamblang mengandung sekitar 55 mg kalium. Ini jumlah yang cukup bermanfaat untuk penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Makan teratur jamblang membantu mencegah pengerasan arteri.
  3. Mengobati diabetes: jamblang merupakan buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak cepat meningkatkan gula darah. selain itu jamblang juga membantu mengubah gula menjadi energi sehingga kadar gula darah tidak terlalu tinggi. Jamblang juga mencegah munculnya gejala diabetes seperti sering haus dan kencing.
  4. Anti-bakteri: jamblang mengnadung zat yang membantu membunuh bakteri. Oleh karena itu, jamblang efektif mengobati diare, infeksi kulit dan infeksi mulut.
  5. Antioksidan: jamblang mengandung antioksidan polifenol yang membantu menangkal radikal bebas yang sekaligus mencegah terjadinya kanker.
  6. Kecantikan kulit: jamblang mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit, vitamin C untuk pembentukan kolagen sehingga kulit lebih kencang serta mengobati jerawat.
  7. Manfaat lain: membantu kesehatan gigi dan gusi, menyembuhkan masalah tenggorokan, pencernaan, asma dan lain sebagainya.

Bagian Jamblang Yang Bermanfaat

Bagian yang bermanfaat dari jamblang adalah batang, kulit batang, daun, bunga, buah dan biji serta minyak essensialnya. Namun, bagian yang paling populer sebagai obat adalah biji dan buah jamblang.

Efek Samping Jamblang

Jamblang relatif aman jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan serta dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Namun, beberapa kelompok disarankan untuk waspada dan membatasi konsumsi jamblang, diantaranya:

  1. Kehamilan dan menyusui: Tidak cukup diketahui tentang penggunaan jambolan selama kehamilan dan menyusui. Tetap di sisi aman dan menghindari penggunaan.
  2. Diabetes: biji dan ekstrak kulit jamblang dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan, sehingga harus memonitor gula darahnya agar tidak terlalu rendah.
  3. Bedah: jamblang dapat menurunkan kadar gula darah. Ada beberapa kekhawatiran bahwa mungkin mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan jambolan minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Dosis  dan Cara Menggunakan Jamblang

Jamblang belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun jamblang  merupakan tanaman herbal dan alami. Jamblang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Buah jamblang dapat dikonsumsi langsung atau dijus ketika telah matang, sedangkanbagian daun dapat diseduh ataupun digodog. Minyak essensial dapat dikonsumsi dengan menambahkannya pada air hangat. Rebusan daun atau kulit kayu jamblang efektif sebagai obat kumur  dan mencegah gusi berdarah.


Incoming search terms:

  • manfaat jamblang
  • khasiat buah jamblang
  • manfaat daun jamblang
  • manfaat buah jamblang
  • khasiat daun jamblang
  • jamblang
  • daun jamblang
  • pohon jamblang
  • manfaat pohon jamblang
  • buah jamblang

Comments

comments