Daun sendok atau Plantago major L. telah digunakan sebagai obat penyembuhan luka selama berabad-abad di hampir semua belahan dunia dan dalam pengobatan sejumlah penyakit selain penyembuhan luka. Ini termasuk penyakit yang berkaitan dengan kulit, organ pernapasan, organ pencernaan, reproduksi, sirkulasi, melawan kanker, untuk menghilangkan rasa sakit dan melawan infeksi. Daun sendok dapat tumbuh di padang rumput dan ladang, di sepanjang pinggir jalan, dan di daerah lain yang telah dihuni oleh manusia. Daun sendok disendok disebut juga tanaman naturalisasi karena disebarluaskan ke penjuru dunia oleh para penjajah dari Eropa.

Kandungan Nutrisi Daun Sendok

Daun sendok mengandung senyawa biologis aktif seperti polisakarida, lipid, turunan asam caffeik, flavonoid, glikosida, terpenoid allantoin, aucubin, asam ursolik, and asperulosida. Alkaloid dan beberapa asam organik juga telah terdeteksi. Daun sendok juga merupakan sumber kalsium dan vitamin A yang baik. Bahkan, kandungan vitamin A dalam daun sendok setara dengan jumalh vitamin A pada wortel.

Khasiat dan Manfaat Daun Sendok

Beberapa manfaat daun sendok dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Menurunkan kolesterol: Senyawa polifenol pada daun sendok menunjukkan aktivitas penurun kolesterol. Selain dengan zat antioksidan polifenol, mekanisme penurunan kolesterol oleh daun sendok dilakukan melalui meningkatnya eleiminasi kolesterol dalm tinja yang dibantu oleh asam empedu.
  2. Mengobati dan mencegah infeksi: daun sendok mengandung senyawa anti bakteri yang disebut aucubin. Dengan adanya zat aucubin ini daun sendok efektif mengobati luka,demam, ISPA, disentri dan diare.
  3. Menurunkan resiko batu ginjal: senyawa aucubin dapat merangsang ekskresi asam urat yang menjadi salah satu faktor resiko batu ginjal.
  4. Manfaat lain: mengobati jerawat, mengobati batuk berdahak, meningkatkan kekebalan, antioksidan, anti-kanker dan sebagainya.

Efek Samping Daun Sendok

daun sendokDaun sendok pada umumnya aman untuk dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah wajar seperti dalam salad atau herbal. namun, dapat memiliki efek samping seperti tekanan darah rendah dan diare. Selain itu pada ibu hamil disarankan untukmeminimalisir mengkonsumsi daun sendok terlebih dahulu karena dapat merangsang kontraksi rahim. Ibu menyususi juga disarankan untuk meminimalisir konsumsi daun sendok, walalupun belum diketahui dampak negatif yang jelas apa. Pada orang yang rentan alergi khususnya memiliki riwayat alergi pada buah melon, disarankan untuk waspada dalam mengkonsumsi daun tersebut.

Dosis dan Cara Menggunakan Daun Sendok

Daun sendok belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walalupun daun sendok merupakan tanaman herbal dan alami. Daun sendok tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Sementara itu, daun sendok dapat dioleh dengan berbgai cara yaitu dijadikan salad, dikeringkan untuk teh, bahan ramuan/jamu dan lain sebagainya. untuk mengobati flu misalnya, gunakan 3-6 gram daun sendok lalu diseduh dengan air panas, lalu dapat diminum. Selain itu, untuk penyakit kulit daun sendok dapat dipakai dengan cara dioleskan.


Incoming search terms:

  • daun sendok
  • manfaat daun sendok
  • Khasiat daun Sendok

Comments

comments