Daun jambu biji mungkin tidak seterkenal buah jambu biji itu sendiri. Pohon jambu biji yang memiliki nama latin Psidium guajava memiliki daun muda yang memiliki khasiat sebagai herbal. Daun muda pada jambu biji mengandung zat antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang dapat membantu penyembuhan dan pencegahan berbagai penyakit. Penggunaan daun ini sangat populer di amerika selatan dan negara-negara tropis lainnya termasuk Indonesia.

Kandungan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mengandung minyak esensial yang kaya nerolidiol, caryophyllene, beta bisabolene, p-selinene, aromandreno, 10% tanin, beta sitosterol, leucocyanidins, dan titerpenoides.

Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji

daun jambu bijiBerikut beberapa manfaat dan khasiat daun jambu biji:

  1. Menurunkan berat badan
    Ekstrak daun jambu biji membantu dengan penurunan berat badan dengan mencegah karbohidrat kompleks yang dikonsumsi dikonversi menjadi gula. Daun jambu biji mencegah transisi karbohidrat untuk senyawa yang dapat digunakan ketika sedang dipecah dalam hati.
  2. Menurunkan kolesterol
    Konusmsi daun jambu biji selama beberapa bulan dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida tanpa memiliki efek negatif pada kolesterol baik dalam tubuh. Sebagai bukti, sebuah penelitian ditunjukkan pada bulan Februari 2010 -di mana partisipan yang mengonsumsi teh daun jambu mendaqpatkan hasil kolesterol, trigliserida, dan kadar lipoprotein rendah. Penelitian dilakukan selama delapan minggu.
  3. Menjaga gula darah
    Daun jambu biji membantu individu dengan diabetes dengan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah dengan kandungan seratnya yang tinggi serat.
  4. Mengobati diare
    minyak esensial mengandung zat astringent yang dapat mengobati diare. Astringents ini memberikan sifat anti-bakteri dan disinfektan yang membantu dalam menghilangkan lendir ekstra dari usus.
  5. Membantu mengatasi kanker lambung
    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, ada bukti bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki potensi untuk mengobati individu dengan kanker lambung. Para peneliti menemukan bahwa ketika ekstrak tanaman yang dikonsumsi menyebabkan sel-sel kanker bunuh diri (apoptosis).
  6. Sumber antioksidan
    Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2007 di China, para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengikat radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang diproduksi secara alami selama metabolisme sel dan dapat menempel pada sel-sel sehat yang dapat menyebabkan kerusakan sel atau bahkan kematian sel.
  7. Mengobati katarak
    Ekstrak jambu biji mengandung quercetin yaitu flavonoid yang membantu blok enzim yang merupakan kontributor untuk membangun sorbitol – gula yang membuat bercak putih pada mata.

Bagian Yang Bermanfaat Daun Jambu Biji

Bagian yang bermanfaat dari jambu adalah buah jambu biji dan daunnya. Namun, daun jambu biji diyakini memiliki manfaat herbal yang lebih tinggi.

Efek Samping Daun Jambu Biji

Sejauh ini belum ada efek sampng yang disebabkan oleh penggunaan daun jambu biji. Namun untuk alasan keamanan ibu hamil dan menyusui harus membatasi bahkan disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun jambu biji.

Dosis dan Cara Menggunakan Daun Jambu Biji

Sampai saat ini belum ada dosis daun jambu biji yang telah disepakati. Daun jambu biji aman ketika digunakan tidak berlebihan dan tidak pula terus menerus. Beberapa cara dapat digunakan untuk menggunakan daun jambu biji. Diantaranya:

  1. Godogan: didihkasn selama 3 menit 10-20 g daun jambu biji segar dalam satu liter air. Minum 120 mL, 6 kali sehari.
  2. Daun kering bubuk digunakan untuk kondisi dermatologis seperti antibakteri dan antijamur, (kaki atlet, eksim). Jangan gunakan lebih dari 30 hari.
  3. Teh daun jambu biji dengan menyeduhnya menggunakan air hangat
  4. Untuk menggunakan minyak esssensial daun jambu biji bisa digunakan dengan cara meneteskan 3 tetes minyak kedalam secangkir air hangat lalu minum.




Incoming search terms:

  • efek samping daun jambu biji

Comments

comments